Manfaatkan Masyarakat Pesisir,DKP Sangihe Fokus Kembangkan Budidaya Ikan

Kadis Kelautan Perikanan Sangihe, Ir.Feliks Geghaube

Kadis Kelautan Perikanan Sangihe, Ir.Feliks Geghaube

Tahuna-Selain terus memaksimalkan program perikanan tangkap, Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Sangihe juga fokus mengembangkan program budidaya ikan. Hal ini dikatakan Kepala DKP Sangihe, Ir. Feliks Geghaube kepada sejumlah wartawan, Jumat (30/09) kemarin.

Dijelaskan, sejauh ini pusat pengembangan budidaya terfokus di wilayah Manganitu Selatan dan Tabukan Tengah, dengan prioritas pengembangan jenis ikan karapu.

”Kita memang sedang fokus mengembangkan program budidaya ikan selain gencar merealisasikan perikanan tangkap, dan pusat pengembangan budidaya untuk saat ini terpusat di Kecamatan Manganitu Selatan serta Tabukan Tengah,”ungkap Geghaube.

Namun dibalik upaya dan semangat mensukseskan program perikanan, Geghaube juga tak menepis kalau selama ini pihaknya masih terkendala mendapatkan pasar, sehingga jangan heran jika saat memasukki panen saat ini, DKP masih disibukkan mencari pasar ideal yang mampu menopang kegiatan nelayan budidaya setempat.

”Saat ini saja sudah memasukki masa panen, dan kami sedang mencari pasar dalam negeri sambil membidik pasar luar negeri yang lebih berprospek,”ujarnya.

Ditambahkan, pengembangkan program budidaya perikanan juga merupakan bagian dari pemberdayaan dan pengembangan kapasitas masyarakat pesisir, sehingga selain merasa tersentuh oleh program pemerintah, masyarakat pesisir juga bisa tersentuh dan merasa bertanggung jawab dalam menyelematkan sumber daya ikan dan sumber daya kelautan maupun sumber daya pesisir di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

”Lewat program budidaya juga diharapkan masyarakat pesisir lebih tersentuh dan bertanggung jawab menyelamatkan sumber daya kelautan perikanan,”kata Geghaube.(eleh)

Tags:
author

Author: