Tenaga Guru Kontrak di Bolmong Keluhkan Upah Honor

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. Drs Olii Mokodongan

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong. Drs Olii Mokodongan

Bolmong – Para tenaga guru kontrak di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongodow (Bolmong) keluhkan soal upah honor yang di terimahnya setiap bulan. Dimana angka yang di bayarkan sangat berbanding jauh dengan kebutuhan setiap harinya.

Terinformasi bahwa Setiap bulan upah yang di terimah para tenaga honor Guru Kontrak hanya Rp500 ribu, yang di terima setiap (Triulan) tiga bulan berjalan.

“Kalau dihitung dengan pengeluaran, itu tidaklah cukup. Namun kami berharap kedepannya anggaran dinaikkan sehingga upah para honorer pun bisa ikut naik,” ujar sejumlah honorer.

Beberapa hari lalu, ratusan tenaga honor ini mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Bolmong, untuk menerima upah honor sekaligus menerima surat keputusan (SK) sebagai tenaga honor Dinas Pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Olii Mokodongan menuturkan, ada 166 tenaga honor yang tersebar di seluruh sekolah di Bolmong, baik SD, SMP, SMA/SMK, kata Mokodongan.

Dia menuturkan, para tenaga kontrak menerima pembayaran honor secara triwulan, totalnya Rp 1,5 juta.

“Setiap bulan hanya Rp 500 ribu dan diterima 3 bulan sekali,” katanya.

Mokodongan berjanji, akan memperjuangkan kenaikan honor mereka untuk tahun depan.”Waktu penganggaran tahun 2016, saya sudah berinisiatif agar para tenaga kontrak bisa dinaikkan honornya hingga Rp 750 ribu perbulan, tapi saat pembahasan di Dekab Bolmong tidak tembus,” ujarnya. (Sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.