Bupati Tetty dan Wabup Franky Canangkan Penanaman Cabe dan Jagung

Tanpak Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE ,melakukan penanaman

Tanpak Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE ,melakukan penanaman

Amurang-Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu di dampingi Wakil Bupati Minsel beserta Forkompida Minsel, canangkan dengan membangun inovasi Tekhnologi untuk pengembangan Cabe dan Penanaman jagung di Kabupaten Minahasa-Selatan, melalui Dinas Pertanian, serta menghadirkan Kelompok-kelompok Tani serta KTNA, di Minahasa Selatan,Senin (28/11), di depan Kantor Pemkab Minsel.

Pasalnya Isu-isu strategis dalam pembangunan sektor perkebunan dan Pertanian antara lain dukungan sektor hulu dan hilir terhadap pelaksanaan pembangunan perkebunan; menjadikan Sumberdaya manusia baik kualitas maupun kuantitasnya sehingga lewat ” Pencangangan Taman Agro Inovasi Pengembangan Cabe Dan Penanaman Jagung di Kabupaten Minsel, sangat perlu ditingkatkan lewat penugasan sesuai keahlian dan bidangnya,menjadikan masyarakat untuk bisa berinovasi dengan membangun SDM galakan Gerakan menanam.

Acara di laksanakan lewat laporan Kadis Pertanian, Frans Tilaar M.SI, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini tidak lepas dari bantuan Bupati Minsel, yang bisa melobi Kementrian Pertanian RI, sehingga apa yang kita lihat Bantuan dari Pemerintah Pusat, mengalir di kabupaten Minsel ,antaranya Bantuan 5 Ekor Sapi, 1 buah Tracktor, serta alat2 pertanian, dan bibit Rica dan Jagung, serta pupuk. acara di lanjutkan dengan Pencanangan langsung oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, SE. dengan memberikan bantuan kepada POKTAN Minsel, dari berbagai petani yang tersebar di 17 kecamatan.

Apresiasi dari masyarakat dan poktan minsel, atas bantuan yang di serahkan Langsung Bupati Minsel.seperti halnya Taman Agro Inovasi, kab.minsel, adalah sebuar areal yang berada di depan kantor bupati, dengan pemanfaatan, lahan kosong untuk budidaya pertanian,demi meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Di tambah lagi dengan adanya Green House, dengan kerangka yang di bangunan utk melindungi tanamandar kondisi iklim yang ekstrim, begitu pula dengan Gerakan Rica Rumah, lewat tindakan antisipasi, sehingga rica yang di panen di areal rumah komoditi serta hasilnya bisa di rasakan masyarakat.

Bupati Tetty Paruntu, Peraih Pemimpin Inovatif tahun 2016 ini, tak henti-hentinya memberikan iklim yang sejuk di tengah masyarakat lewat motivasi demi miningkatkan kesejahteraan, dengan budi dayakan menanam di Minsel.

Budidaya menanam di lakukan Bupati Minsel,terlebi dulu dengan Peletakan Batu Pertama pembangunan Green House, di ikuti oleh Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar,SH.Kapolres Minsel, Kepala Pengadilan Amurang, Kepala Kejaksaan Tinggi Amurang. acara kembali di lanjutkan di Gedung Waleta Pemkab Minsel, dengan acara Pertemuan Pemerintah Daerah dengan Kelompok Tani Dan Nelayan , lewat Pelantikan KTNA, dalm Sambutan Bupati Christiany Euginia Paruntu,SE,yang mengatakan, dengan hasil komoditi pertanian.

“Tentu dapat di optimalkan untuk pengembangan Varietas dan Penerapan Teknologi Pertanian oleh karena itu perlu adanya terobosanInovasi serta serapan Informasi Terbaru perkembangan Teknologi. Dengan ini saya menghimbau, para Petani, untuk memanfaatkan peluang yang ada, di mana Investor asing dalam hal ini Pemerintahan Belanda Siap berinvestasi di Minsel.Begitu pula kunjungan kami di Kementrian Pertanian, beberapa waktu lalu mendapat, dukungan Mekanisasi Pertanian, Traktor dan alat pendukung lainnya.

Begitu pula Alokasi Dana Pengembangan Cabe mendongkrak 50 ton cabe pertahunya, ditunjang dengan Green House,tekhnologi tinggi.saya mengharapkan pada segenap Jajaran Pemerintah Daerah, Kecamatan Maupun Desa, teristimewa para petani, kiranya dapat mengoptimalkan, fasilitas,sarana, prasarana lewat bantuan yang ada ini.saya mengajak untuk membudidayakan Hidup sehat dengan mengkomsumsi pangan yang aman dan beras dari Pestisida sintesis/kimiawi.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.