PMI Kota Manado Jalin Kerjasama Dengan Polresta

PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Manado bekerjasama dengan Polresta Manado lebih khusus Satuan Lalu lintas melakukan pelatihan Pertolongan pertama bagi anggota Satlantas yang ada

PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Manado bekerjasama dengan Polresta Manado lebih khusus Satuan Lalu lintas melakukan pelatihan Pertolongan pertama bagi anggota Satlantas yang ada

Manado-Penanganan kecelakanan lalu lintas harus dilaksanakan dengan baik, cepat, dan pemberi pertolongan yang terlatih. Melihat kondisi dilapangan dan pengalaman yang ada, maka Pengurus PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Manado bekerjasama dengan Polresta Manado lebih khusus Satuan Lalu lintas melakukan pelatihan Pertolongan pertama bagi anggota Satlantas yang ada Rabu (09/11).

Kegiatan yang di laksanakan diaula Rumah Dinas Walikota Manado Kelurahan Bumi Beringin ini, di buka secara langsung oleh Kapolserta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallangan, S.IK. yang juga turut di hadiri oleh Ketua PMI kota Manado Prof. DR J.P.A Lumentut Runtuwene MS DEA.
Dalam sambutannya, Kapolresta Siallangan menyambut baik dan berterima kasih atas kemitraan dengan PMI Kota Manado.

“Ini akan menjadi percontohan, dan saya berharap semua anggota Polri di jajaran Polresta Manado bisa di bekali dengan teknik pertolongan pertama, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan semakin cepat, baik dan profesional,” ujar Kapolres Siallangan.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Manado Prof.DR J.P.A Lumentut Runtuwene,MS DEA yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado mengatakan, sebagai ketua PMI saya berterima kasih karena Polresta Manado lebih khusus satuan lalu lintas bisa memberikan waktu untuk kegiatan pelatihan seperti ini. Kami PMI Manado selalu berupaya membantu Pemerintah Kota Manado, demikian juga kepada Kepolisian.

“Tujuan Pelatihan ini adalah upaya PMI untuk membagi ilmu kepada anggota Lantas Polresta Manado, jadi kami sangat berterima kasih karena pak Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallangan, S.IK dan Kasat Lantas Polresta Manado Kompol Roy Tambayong, S.IP,MM mendukung kegiatan ini. Seperti apa yang di sampaikan pak Kapolres tadi kiranya pelayanan ini akan bisa di lakukan lagi, bukan sebatas satuan lalu lintas saja tapi kepada semua anggota Polresta Manado,” jelas Bunda Paula sebutan akrab Rektor Unima ini.

Ditambahkannya, pihaknya juga sangat berterima-kasih kepada pengurus PMI kota Manado, Sekretaris ibu Hendah Murtanti SH dan Bendahara ibu Koan Maleke, bapak Iskandar Zulkarnain yang mengatur kegiatan ini. Juga kepada pelatih masing-masing DR.dr.Jemmy Panelewen sebagai Wakil Ketua Bid Kesehatan yang mengirimkan Tim Pelatih dari Rumah Sakit Prof.R.D Kandou, juga HIPGABI Sulawesi Utara pak Suwandi Luneto dan Pak Cristian Towe.

Hal senada dikatakan staf PMI kota Manado bid SDM, Sukarelawan dan Diklat Gelendy Lumingkewas,SH MH, sebagai penanggungjawab kegiatan mengatakan kegiatan akan di laksanakan selama 2 hari dengan materi-materi yang di sesuaikan dengan kebutuhan peserta pelatihan, seperti initial assesment, Bantuan Hidup Dasar, Trauma, pemindahan dan Simulasi penanganan kecelakaan Lalulintas karena pesertanya anggota Satlantas maka materi akang lebih kepada praktek, peserta yang terdaftar sebanyak 25 orang anggota.

“Harapan kami, kegiatan ini akan menghasilkan anggota Lantas yang memiliki kemampuan dasar Pertolongan Pertama. Lewat kegiatan ini, sinergitas antara Kepolisian, PMI dan Rumah Sakit Kandou akan berjalan baik, sehingga pelayaan kepada masyarakat akan semakin baik dan profesional,” beber Glendy Lumingkewas SH(js)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply