Terlambat Memasukkan Data, Pelaksanaan Pilsang di 63 Desa Terpaksa Ditunda

Suharto Paputungan (Kabag Tapem)

Suharto Paputungan Kabag Tapem

Boltim- Pemilihan Sangadi (Pilsang) yang sesuai jadwal dilaksanakan pada Senin (07/10) hari ini di 63 Desa yang ada di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terpaksa ditunda hinga dua hari kedepan pelaksanaannya.

Penundaan pelaksanaan Pilsang tersebut menurut penuturan Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Boltim, Suharto Paputungan bahwa, masih ada sejumlah Desa yang terlambat memasukkan data terutama foto Calon.

“Berdasarkan jadwal, sebenarnya Pilsang serentak akan dilaksanakan hari ini. Namun, ada beberapa Desa yang belum memasukkan foto calon untuk di cetak pada surat suara, sehingga pelaksanaannya ditunda hingga 9 November ini.” kata Paputungan, Senin (07/10) siang tadi.

Dijelaskannya, usai penetapan calon beberapa waktu lalu, pihaknya sudah menganjurkan kepada setiap Desa ntuk segera memasukkan soft-copy foto. Namun hingga jelang pelaksanaan Pilsang, masih ada sejumlah desa yang belum melengkapi data yang diminta.

“Penetapan calon Sangadi itu tanggal 25 oktober, jadi kami sudah menganjurkan pada tanggal 26 harus memasukkan soft-copy foto. Tapi ada yang memasukkannya nanti tanggal 1 November ini,” jelasnya.

Dirinya juga menerangkan, keterlambatan pemasukan data foto para calon tersebut  berimbas pada proses percetakan surat suara, dimana sampai hari ini, baru 28 Desa yang berhasil dicetak surat suaranya.”Untuk surat suara, sudah 28 kotak yang terisi dan siap untuk disalurkan ke Desa.” terangnya.

Sekedar diketahui, jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) Pilsang kali ini berjumlah 40.642 jiwa, dimana berdasarkan data, panitia telah menyediakan surat suara sebanyak 40.642 ditambah 2,5%. Sedangkan jumlah desa pelaksana pilsang, sesuai data sebanyak 63 Desa dengan 13 calon tunggal.(Dhyrta)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.