Berada Ditengah Kota,Lokasi Lapas Tahuna Dinilai Sudah Tak Layak

Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tahuna

Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tahuna

Tahuna-Letak Rumah Tahanan (Rutan) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tahuna tergolong cukup istimewa, karena tepat berada di pusat keramaian Kota Tahuna.

Namun sayang, justru banyak warga yang menilai rutan yang berkapasitas 120 orang itu dinilai sudah tak layak, selain bentuk dan model bangunannya yang sudah ketinggalan, suasana keramaian kota Tahuna juga kerab mempengaruhi para napi untuk meminta ijin keluar dengan berbagai alasan.

”Mungkin Cuma di Tahuna stow ada rutan tepat berada di pusat keramaan kota. Kami minta pihak Lapas dapat mencari solusi agar rutan dapat dipindah ke tempat lain yang lebih cocok,”ungkap sejumlah warga Tahuna.

Hal senada juga dikatakan Wakapolres Sangihe, Kompol Jusuf Baba dikonfirmasi ketika melakukan pengamanan demo para Napi Lapas Tahuna baru-baru ini. Sangat beralasan pendapat Wakapolres, karena selain posisinya yang tidak strategis, bangunan rutan juga sudah tak mampu lagi menampung Napi yang saat ini telah mencapai 167 orang, sementara kapasitas Lapas hanya 120 orang.

”Memang susah harus ditinjau lokasi Lapas Tahuna, karena saat ini saja jumlah Napi sudah over kapasitas melebihi dari jumlah normal,”tegas Wakapolres.

Beberapa tahun lalu Lapas sempat mencuat wacana Lapas akan ditugar guling dengan Pemkab Sangihe, namun hal itu belum terealisasi.(eleh)

Tags:
author

Author: