Hari Anti Korupsi,Kejari Minsel Laksanakan Sosialisasi Bersama Pemkab Minsel

Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana korupsi dan Peran Jaksa Pengacara Negara

Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana korupsi dan Peran Jaksa Pengacara Negara

Amurang-Kejaksaan Negri Amurang (Kejari) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), hari ini jumat (9/12) dalam rangka memperingati hari anti korupsi Se-dunia 2016 melaksanakan sosialisasi pencegahan tindak Pidana korupsi dan peran jaksa pengacara negara, yang bertempat di lantai empat Pemkab Minsel.

Sosialisasi yang bertemakan Hati bersih, Tegak Inegritas, Kerja profesional untuk Indonesia tangguh di pimpin lagsung oleh Kepala kejaksaan Negeri Amurang Lambok M.J. Sidabutar, SH,MH, dalam sosialisasi Sidabutar menjelaskan.

Cara untuk menurunkan tingkat korupsi di Indonesia khususnya Kabupaten Minsel dengan kita membangun budaya anti korupsi, Mendorong Reformasi Sektor Publik serta Mendapatkan Kepercayaan Publik dan sebagai upaya pencegahan korupsi, Kejaksaan juga menerapkan Good Governance.

Korupsi merupakan tindakan kejahatan yang luar biasa, sehingga di susunlah undang-undang yang memberikan kewenangan-kewenangan khusus bagi kejaksaan untuk melaksanakan penanganan tindak pidana korupsi.

Kejaksaan RI sebagai salah satu unsur penegak hukum yang mempunyai kewenangan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi bersama-sama KPK dan Kapolri, sebagai unsur penegak hukum berkewajiban untuk membayar kepercayaan yang di amanatkan oleh Undang-Undang tersebut  dengan mekaksanakan kewenangan-kewenangannya sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku dengan senantiasa mengedepankan asas keadilan, asas kemanfaatan, asas kepastian hukum dan hati nurani, Kejaksaan memiliki kewenangan melaksanakan penyeludikan tindak pidana korupsi berdasarkan ketentuan Pasal 30 ayat (1) huruf d UU RI No. 16 tahun 2004 tentang kejaksaan RI.

Dalam sosialisasi ini turut di hadiri, Bupati Minahasa Selatan Christiany E Paruntu SE yang di Wakili oleh Wakil Bupati Frangky D Wongkar SH, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdanam, Sekertaris Daerah Drs.Danny Rindengan,Msi, Kepala Pengadilan Amurang Lucius Sunarno, SH.MH dan Pabum Kodim 1302 Arins Siging beserta dengan kepala-kepala SKPD, Bendahara dan para Hukum tua di Minsel.(jaan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.