Pemkab Bolmut Gelar Perayaan Natal Bersama

Bupati Bolaang Mongondow Utara(Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh

Bupati Bolaang Mongondow Utara(Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh

Boroko-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Perayaan Natal Bersama masyarakat Tahun 2016 yang bertempat di Auditorium Kantor Bupati Bolmut.

Selain mengajak umat kristiani untuk memahami dan memaknai arti sesungguhnya Natal, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin dan membina hubungan yang harmonis dalam suasana damai Natal antara Pemda Bolmut dengan masyarakat. Kegiatan tersebut diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow (GMIBM) Pdt. Christin Raintama Pangulimang, M.Th.

Dalam sambutannya, Ketua BPS GMIBM menyampaikan rasa syukur atas inisiatif Pemda Bolmut untuk melaksanakan Perayaan Natal Tahun 2016. Kegiatan ini merupakan bagian dari cara Pemerintah dan cara Gereja merespon gaung NKRI adalah Harga Mati.

Disampaikan bahwa substansi dan esensi yang paling utama dari Natal adalah perayaan Solidaritas Allah. Selain untuk mengaktualisasikan iman, dalam Perayaan Natal juga selalu menuntut partisipasi sebagai manifestsi atau wujud dari solidaritas kita sebagai warga masyarakat, supaya semua orang menjadi berkah.

Ketua BPS GMIBM juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemda dan seluruh umat beragama di Kabupaten Bolmut yang bersama-sama dalam menanggulangi dampak bencana puting beliung di Desa Binjeita II, hal ini merupakan wujud dari persaudaraan sejati.

Sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolmut yang dibacakan oleh Kasubag Tata Usaha Abdullah Diu menghimbau Umat kristiani untuk meningkatkan kualitas keimanan kepada Tuhan yang maha esa, meningkatakan partisipasi umat dalam pembangunan daerah dan Negara serta memantapkan kerukunan umat beragama.

Terkait dengan itu, dikatakan hal penting untuk dijadikan komitmen bersama adalah kesediaan untuk menerima adanya perbedaan keyakinan dengan orang maupun kelompok lain, kesediaan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengamalkan ajaran agama yang diyakini dan kemampuan untuk menerima perbedaan yang selanjutnya menikmati suasana kekhusuan yang dirasakan orang lain sewaktu mereka mengamalkan ajaran agamanya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo dan Wakil Bupati Suriansyah Korompot, SH menyerahkan Kado Natal kepada masyarakat.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan selamat merayakan Natal Tahun 2016 dan selamat menyongsong Tahun Baru 2017. Patut disyukuri perayaan Natal tahun ini berjalan khikmat, tertib dan damai, umat Kristiani di Kabupaten Bolmut dapat merayakan dengan tenang. Diharapkan suasana ini dapat terus dijaga.

Dikatakan bahwa kita ingin selalu dalam komitmen untuk menciptakan suasana kehidupan antar umat beragama yang rukun dan damai. Di tengah kemajemukan bangsa dengan keragaman agama, suku, etnis, daerah asal serta bahasa dan budaya lokal, tidak ada cara untuk menyikapinya selain membangun kebersamaan, saling hormat menghormati serta saling menghargai perbedaan masing-masing.

Perayaan Natal merupakan bentuk aktualisasi Iman dan kasih kepada Tuhan dan sesama, melalui berbagai tugas pelayanan dan pengabdian sesuai karunia dan talenta yang kita miliki, untuk saling melengkapi, menciptakan keharmonisan, saling memaafkan, membina kerukunan dan kedamaian.

Untuk itu, Bupati Bolmut mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kerukunan dan kedamaian di daerah. Dalam proses pembaruan seluruh dimensi kehidupan yang terus bergerak maju dengan berbagai problematika, dibutuhkan kebersamaan di antara umat beragama. Apapun identitasnya dan agama, baik Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghuchu memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama untuk memajukan daerah dan Negara.

Natal juga harus disikapi sebagai upaya motivasi pembaharuan iman, cinta kasih, kesederhanaan dan solidaritas sebagai cerminan kepatuhan. Semangat ini hendaknya dapat diabdikan bukan hanya untuk umat Kristiani saja, tetapi lebih jauh untuk seluruh umat beragama.

Acara perayaan tersebut ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua PGPI Bolmut Pdt. Herry Daud, S.Th. Turut hadir Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Asripan Nani, M.Si bersama Ketua DWP Bolmut Fitriana Nani Buhang, SE, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmut, Perwira Penghubung 1303 Bolmong Mayor Dicky R. Wenas, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Para Camat dan Sangadi serta Para Pendeta, Tokoh Agama Kristiani, Pengurus Gereja dan Umat Kristiani se Kabupaten Bolmut.(humas/santo)

 

Tags:
author

Author: