Tingkat Pemadaman Listrik Sering Terjadi PAMI-P Matangkan Aksi Demo di Jakarta

Tielung: Karena Korupsi, Sulut Sumber Listrik Tapi Krisis Listrik

Ketua Harian DPP Pelopor Angkatan Muda Indonesia Perjuangan (PAMI-P) Maykel Tielung

Ketua Harian DPP Pelopor Angkatan Muda Indonesia Perjuangan (PAMI-P) Maykel Tielung

Manado- Fenomena pemadaman listrik yang sering terjadi dan terus terjadi di Sulawesi Utara sudah terbilang meresahkan. Hal ini yang membuat Ketua Harian DPP PAMI Perjuangan, Maykel Tielung gerah dan mematangkan aksi demo di Jakarta dalam memperingati Hari Anti Korupsi.

“Tingkat pemadaman yang sulit diatasi di seantero Sulut sudah sangat keterlaluan. Rupanya pihak PLN belum Reformasi Mental. Ini pengaruh terhadap kinerja jajaran PLN. Kami menduga ada Tindak Pidana Korupsi yang tidak tersentuh. Kami punya bukti yang akan dikoordinasikan ke KPK agar segera di tindak lanjuti,” ujar Maykel Tielung saat dibubungi  Selasa, (6/12).

Tielung menjelaskan berbagai alasan pemadaman yang di lontarkan pihak PLN tidak mendasar.

“Selalu alasannya itu-itu saja. Pertama masalah bencana alam, pohon tumbang, dan kerusakan. Ini alasan pihak PLN membohongi publik. Kalau Bencana Alam itu jelas alasan yang masuk akal apabila benar terjadi bencana. Itupun bencana seperti apa? Sulut tidak terjadi bencana alam setiap hari dan tidak ada pohon tumbang tiap hari. Tapi Listrik sering mati,” papar Tielung yang juga seorang Advokad.

Disisi lain alasan pihak PLN terkait kerusakan alat. Menurut Tielung, itu sangat masuk akal. “Ya itulah hal yang paling masuk akal. PLN memang sering beralasan terjadi pemadaman listrik karena alat rusak. Itulah yang sebenarnya rusak karena ada Korupsi. Proyek pengadaan alat di PLN, alat yang diadakan tidak sesuai standard. Dan mutu juga tekhnis pengadaan. Ini yang akan ditelusuri KPK nanti, ” tandas Tielung yakin.

Disamping itu alasan pihak PLN masalah debit air danau Tondano yang berkurang, itu juga bukan alasan.

“Itu bukan alasan. Orang awam saja yang membenarkan itu. Disulut ada PLTA Tanggari yang memang sumber listriknya dari air danau Tondano. Ada juga PLTP Lahendong yang sumber energi listrik dari panas bumi.Ada PLTD dan PLTU Amurang, dan Kotamubagu. Apa gunanya semua itu? Apa guna kapal Turkey juga mensuplai listrik? Ini bukan masalah sumber listrik. Sulut kaya sumber listrik tapi masyarakat dirugikan karena listrik sering padam, Sulut termasuk daerah krisis listrik. Itu yang  jadi masalah. Ada korupsi disitu. Jadi Direksi PT PLN Pusat hingga GM PLN Suluttenggo, Satker dan perusahaan pemenang tender harus diperiksa semuanya. Terkait anggaran 2015-2016,” pungkas Tielung yang juga Kepala Perwakilan Lembaga Pemantau Penyelenggara Triaspolitika Sulut.(mt)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.