KPUD Bekali KPPS Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara

Pilkada SangiheTahuna-Berbagai persiapan terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sangihe menjelang pelaksanaan Pilkada 15 Februari 2017. Salah satunya dengan membekali Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tentang pemungutan dan penghitungan suara.

Devisi Sosialisasi KPUD Sangihe, Chairil Anwar dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan,pembekalan terhadap para KPPS dilakukan melalui bimbingan teknik yang diseluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dikatakan, bimbingan teknik merupakan bagian dari penguatan yang diperuntukkan bagi KPPS maun Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang nantinya akan melaksanakan tugas pada hari H pelaksanaan pilkada.

”Saat ini masih sementara dilakukan bimbingan teknik dimasing-masing kecamatan dalam rangka penguatan bagi KPPS maupun PPS yang akan melaksanakan tugas pilkada,”ungkapnya.

Menyangkut teknis pelaksanaan bimbingan teknik, menurut Anwar dilakukan langsung 5 Komisioner KPUD Sangihe dengan cara pembagian beberapa wilayah kecamatan, agar bimbingan teknik dapat berjalan efketif dan efesien.

”Untuk lebih efektif, bimbingan teknik langsung dilakukan komisoner dengan pembagian wilayah kecamatan,”ujar Anwar.

Sementara pada bagian lain terkait serapan anggaran pikada,KPUD telah merealisasikan Rp 14 miliyar dari total anggaran Rp 24 miliyar lebih.

Hal ini dibenarkan Sekretaris KPUD, Alwi Kawoka SPd,ME dikonfirmasi terpisah. Penyerapan anggaran menurut Kawoka lebih banyak diperuntukkan pembayaran operasional serta honor badan adhock.

”Jadi sekitar Rp 14 miliyar sudah terserap, dan dalam waktu dekat juga akan dilakukan pencairan untuk tahap terakhir,”kata Kawoka.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.