Laboratorium Religi Resmi di Terapkan di Kecamatan Bolangitang Timur

Laboratorium Religi Resmi di Terapkan di Kecamatan Bolangitang TimurBolangitang Timur-Laboratorium Religi resmi diterapkan di Sekolah se-Kecamatan Bolangitang Timur. Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Launching perdana oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abd. Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si dalam laporannya menyampaikan Penerapan Laboratorium Religi di Sekolah se Kabupaten Bolmut telah diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2016.

Sebelumnya Laboratorium Religi telah diterapkan di Kecamatan Kaidipang, Bolangitang Barat dan Pinogaluman pada Tahun 2016 lalu. Untuk Kecamatan Bolangitang Timur ada 16 (enam belas) SD, 3 (tiga) SMP serta 1 (satu) SMA dan 1 (satu) SMK. Selain itu, ada 37 (tiga puluh tujuh) Lembaga PAUD dan secara keseluruhan tenaga pendidik berjumlah 393 Guru.

Dalam Laboratorium Religi, secara teori para siswa diberikan pengetahuan tentang agama, dan dalam prakteknya para siswa diberikan kesempatan untuk membaca kitab suci Agama masing-masing 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai dan berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Sementara itu, dalam arahannya Bupati Bolmut menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini, Laboratorium religi ini untuk kegiatan-kegiatan keagamaan, yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta memupuk rasa kebersamaan antar umat beragama di kalangan pelajar. Kepada para guru, dihimbau untuk melaksanakan kepercayaan negara dalam melakukan pembinaan pendidikan kepada para pelajar. Serta dalam penerapan Laboratorium Religi ini diharapkan dukungan dari semua pihak. Ditegaskan bahwa keberhasilan pendidikan ditentukan oleh Pemerintah, orang tua dan guru yang bersinergi dan saling mendukung. Dikatakan juga jika program ini berjalan sukses, manfaatnya akan dinikmati oleh seluruh masyarakat Bolmut dengan meningkatnya sumber daya manusia. Selain itu, dengan menanamkan pengetahuan keagamaan, akan mampu mencegah hal-hal negatif yang terjadi dikalangan pelajar.

Terkait dengan itu, Bupati Bolmut menghimbau siswa siswi untuk mengikuti dengan baik semua program kegiatan pembelajaran di sekolah serta tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang, terutama ehabone dan komix apalagi narkoba. Kepada orang tua dan Guru agar dapat bersama-sama Pemerintah Daerah dalam melakukan upaya pencegahan.

Di akhir arahannya, Bupati menghimbau seluruh aparatur agar bersama-sama Pemerintah Daerah untuk fokus terhadap suksesnya pembangunan di Bolmut dengan saling mengayomi serta bekerja sebagai satu sistem dan tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan di daerah.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh sekolah PAUD, TK, SD, SMP dan SMA Sederajat ini dipusatkan di SMP Negeri 2 Bolangitang Timur. Turut hadir Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Ketua KPU Kabupaten Bokmut Faisal Husin, sejumlah Pimpinan SKPD, Camat Bolangitang Timur Warsito Sanggilalung, para Pengawas, Kepala Sekolah dan jajaran Guru serta para pemuka Agama.(humas/santo)

 

Tags:
author

Author: