Pemkab Boltim Evaluasi Penggunaan ADD T.A 2016

Tampak suasana pelaksanaan Kegiatan pertemuan Evaluasi ADD di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim siang tadi

Tampak suasana pelaksanaan Kegiatan pertemuan Evaluasi ADD di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim siang tadi

Boltim – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), pada Kamis (05/01) siang tadi menggelar evaluasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2016 di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Boltim, Sehan Salim Landjar tersebut, menghadirkan seluruh Jajaran Satuan Perangkat Pemerintah Desa, hingga para pendamping lokal di masing-masing Desa.

Bupati Sehan menegaskan bahwa seluruh Kepala Desa harus pro aktif dalam hal kebijakan dan pengawasan realisasi Anggaran. Sebab menurutnya, ADD  merupakan program Pemerintah Pusat yang menjadi penunjang pembangunan di Desa dimana, realisasi dan serapan anggarannya sangat ketat. Untuk itu, peruntukannya pun  harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Lebih lanjut Dia terangkan bahwa, terpaut dengan anggaran tersebut, saat ini Pemda masih dalam masa transisi sehingga pihaknya telah membuat instruksi yang ditunjukkan kepada seluruh Kepala Desa untuk tidak melakukan pergantian perangkat Desa.

“Saya telah mendapat laporan ada salah satu Kepala Desa yang mengganti Sekdesnya. Itu membuat saya marah karena akan berdampak buruk pada laporan kegiatan dana desa tahun sebelumnya. Tentunya semua itu yang lebih tau adalah perangkat yang lama. Sehingga, saya menginstruksikan kepada Sekdes tersebut untuk tetap bertugas seperti biasa,” kata Bupati dengan nada tegas.

Dirinya menyebutkan, kegiatan pertemuan tersebut selain untuk evaluasi realisasi dan serapan ADD, juga untuk membahas rencana kerja penggunaan alokasi dana desa tahun 2017.”Saya memberi apresiasi kepada Sekretaris Daerah dan Panitia pelaksana, karena sudah berinisiatif melakukan pertemuan dalam rangka evaluasi seperti ini. Kegiatan seperti ini sangat penting bagi kita terutama para pelaksana di tingkat Desa,” kata Bupati.

Tak hanya itu, Bupati Sehan juga berharap  kepada seluruh kepala Desa untuk lebih mengutamakan transparansi dalam hal pengelolaan dana desa, demi kelancaran program pembangunan hingga pelaporannya nanti.

“Saya berharap penuh agar di Boltim tidak akan ada masalah dalam hal pengelolaan dana desa ini, dan setiap saat saya selaku Bupati akan terus memonitor semua permasalahan dan perkembangan yang ada di tingkat Desa,” pungkas Bupati dua periode ini.

Sekedar diketahui, di tahun 2017 ini, ADD Boltim mengalami kenaikan, dimana sebelumnya kurang lebih hanya bertengger di angka 65 Milliar, kini naik menjadi 73 Milliar. Seiring dengan kenaikan ADD tersebut, Bupati Sehan meminta kepada seluruh kepala Desa untuk terus berinovasi dalam menciptakan suatu program prmbangunan Desa yang cemerlang, tepat sasaran serta memiliki manfaat yang menyentuh langsung ke masyarakat.(Dhyrta)

 

Tags:
author

Author: