Penerima Beras Sejahtera di Sangihe Berkurang 1067 RTS

Kantor Dolog Sub Devisi Regional II Tahuna, Castro Hermances

Kantor Dolog Sub Devisi Regional II Tahuna, Castro Hermances

Tahuna-Penerima beras sejahtera di Kabupaten Kepulauan Sangihe mengalami penurunan yang signifikan dari tahun sebelumnya, yakni mencapai 1.067 rumah tangga sasaran (RTS). Menurunnya penerima beras sejahtera itu, juga menggambarkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut. Demikian ditegaskan Kepala Sub Dolog Drive II Tahuna, Castro Hermanses, Kamis (19/01) kemarin.

Dijelaskan, penurunan penerima beras sejahtera itu sesuai dengan data terakhir, dimana untuk RTS penerima pada tahun 2016 mencapai 10.671, sedangkan untuk tahun 2017 turun menjadi 9.604 RTS.

”Jadi ada penurunan sebanyak 1.067 RTS dari tahun sebelumnya, dan ini menggambarkan adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe,”ungkap Hermanses.

Sementara seiring dengan menurunnya jumlah penerima beras sejahtera, juga berimbas menurunya pula pagu beras yang pada tahun 2016 yang berjumlah 160 ton per bulan menjadi 144 ton pada tahun 2017, atau turun sebanyak 16 ton lebih.

Terkait dengan distrobusi beras untuk triwulan pertama tahun 2017, menurut Hermanses akan dilakukan setelah adanyab kelengkapan administrasi, selanjutnya akan dikoordinasikan dengan pemkab setempat terkait penerbitan surat perintah alokasi (SPA) yang berfungsi sebagai dasar penyaluran.

”Untuk stok beras triwulan pertama sudah kami siapkan, tinggal menunggu kelengkapan administrasi dan SPA dari pemkab setempat,”ujar Hermanses.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply