Gubernur Hadiri Upacara Adat Tulude Sangihe

Gubernur Sulut, Oly Dondokambey SE,saat memberikan sambutan dalam Upacara Adat Tulude dilapangan Gelora Santiago Tahuna Kabupaten Sangihe

Gubernur Sulut, Oly Dondokambey SE,saat memberikan sambutan dalam Upacara Adat Tulude dilapangan Gelora Santiago Tahuna Kabupaten Sangihe

Tahuna-Terkait HUT Daerah Sangihe yang ke 592 Tahun tanggal 31 Januari 2017,Pemkab Sangihe juga menggelar Upacara Adat Tulude di lapangan Gelora Santiago Tahuna, Selasa malam (31/01).

Prosesi kaya budaya yang berkolaborasi dengan nuansa religius tersebut, juga dihadiri Gubernur Sulut, Oly Dondokambey SE, Wagub Steven Kandow, Sekprov Edwin Silangen serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Pimpinan SKPD Pemprov Sulut, termasuk Duta Besar Negara Seychelles, Niko Barito.

Prosesi diawali dengan kata sambutan oleh Penjabat Bupati Drs. John Palandung MSi yang kemudian dususul Duta Besar Seychelles serta Guburnur.Palandung dalam sambutannya menyampaikan Upacara Adat Tulude bukan sekedar acar seremoni biasa, akan tetapi sesungguhnya memiliki makna yang sangat mendalam dan sakral, karena didalamnya terungkap syukur atas karunia Tuhan.

Lain halnya ketika Duta Besar Seychelles menyampaikan sambutannya. Ia langsung mengungkapkan kekaguman Sangihe yang menurutnya tak jauh berbeda dengan Negara Seychelles dengan penduduk 90 ribu jiwa lebih. Dikesempatan itu ia juga mengaku siap membuka diri bekerja sama dengan Pemkab Sangihe dalam menata sektor wisata ekobahari serta jasa. Sementara itu Gubernur saat menyampaikan sambutannya, memuji akan adanya kemajuan pembangunan Sangihe yang begitu signifikan.

Ia juga berjanji tetap akan mengawal program pembangunan Sangihe yang teranggarkan pada APBD Sulut, terlebih program perikanan yang mana Sangihe masuk dalam klaster perikanan dalam proram Pemrov Sulut.

Gubernur juga memberikan arepsiasi atas kegiatan adat budaya yang terus berjalan dari tahun ke tahun sekaligus berharap Tulude tetap dilestarikan oleh segenap komponen di kawasan Nusa Utara.

Selain menghadiri Tulude, Gubernur juga melakukan peresmian kapal yang akan melayari pelabuhan Amurang, Pananaru dan Marore serta menyerahkan 2 unit bus ke Dinas Perhubungan Sangihe.(eleh)

Tags:
author

Author: