Diknas Sangihe Gelar Bimtek Pendidikan Keluarga

Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs. John Palandung MSi.

Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs. John Palandung MSi.

Tahuna-Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (30/03) menggelar bimbingan teknik (Bimtek) penyelenggaraan pendidikan keluarga dilingkungan sekolah.  Bimtek yang terpusat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tahuna, dibuka Penjabat Bupati Drs. John Palandung MSi melalui Sekretaris Diknas, Drs. Hulman Pasaribu MPd.

Dalam petikan sambutan Bupati yang dibaca Pasaribu, menegaskan Bimtek sangat strategis dalam upaya peningkatan mutu baik pendidikan karakter maupun budaya.

”Karena bimtek ini sangat penting, sangat diharapkan seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik sejak hari pertama hingga selesai,”ungkap Pasaribu.

Sementara ditemui disela-sela kegiatan, Pasaribu yang juga sebagai ketua panitia bimtek menjelaskan,sasaran kegiatan lebih difokuskan pada kalangan kepala satuan pendidikan mulai dari tingkat sekolah lanjutan atas hingga pendidikan usia dini.

Disentil soal meteri pendidikan keluarga, menurut mantan Kepala Sekolah SMK I Tahuna itu, merupakan suatu proses pendidikan dalam keluarga yang selama ini seolah-olah terpisah dengan pendidikan di sekolah, dengan kata lain, ketika anak didik sedang berada di sekolah, para orang tua terkesan melepas tanggung jawab, dan begitupun sebaliknya, sekolah juga seperti telah melepas tanggung jawab ketika anak didik sudah pulang ke rumah masing-masing.

”Jadi bimtek ini sebagai persiapan untuk diterapkan pendidikan keluarga, hingga tak hanya guru yang peduli dengan pendidikan anak, orang tua juga turut proaktif, termasuk pihak sekolah turut bertanggung jawab meski siswa berada diluar sekolah,”ujarnya.

Demi efektifnya kegiatan bimtek,seluruh peserta tidak diperkenankan pulang dan diasramakan di gedung SKB selama tiga hari sesuai dengan jadwal kegiatan.

”Bimtek juga menghadirkan nara sumber dari Kementerian Pendidikan sekaligus memberikan pembekalan,”pungkasnya.(eleh)

Tags:
author

Author: