Imigrasi Tahuna Siapkan Berkas Pemulangan Warga Philipina

passportTahuna-5 Warga Negara Asing (WNA) asal Philipina saat ini sementara menunggu untuk di pulangkan ke negara asal setelah diserahkan pihak TNI AL ke pihak Imigrasi Kelas II Tahuna.

Kepala kantor Imigrasi kelas II Tahuna melalui Kasi pengawasan dan penindakan Aditio Ariwibowo dalam keterangannya mengatakan, kelima WNA ini ditangkap beberapa waktu lalu oleh TNI AL sedang melakukan pencurian ikan.

“Mereka ditangkap di sekitar wilayah Kepulauan Marore sementara melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan Pamboat namun tidak memiliki dokumen kenegaraan,”jelasnya.

Dari kelima terduga WNA ini setelah dilakukan konfirmasi ke pihak Konsulat, dinyatakan benar kelima orang tersebut merupakan WNA asal Philipina.

“Jadi saat ini dari pihak TNI AL sudah menitipkan ke lima WNA ini kepada pihak imigrasi kelas II Tahuna untuk mengikuti proses selanjutnya guna proses pendeportasian,”kata Ariwibowo .

Adapun proses yang dilakukan oleh pihak Imigrasi Tahuna lanjutnya, yakni pengambilan data pribadi sidik jari dan foto. Setelah diambil data dari masing-masing WNA, kemudian akan di verifikasi ke konsulat dan setelah ada jawaban kelima WNA akan diberangkatkan ke Manado guna proses pemulangan.

“Jika kelima WNA ini sudah berhasil dipulangkan, sudah 8 orang WNA yang dideportasi dari kantor Imigrasi kelas II Tahuna di tahun 2017 ini,”pungkasnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.