Kumbang Oryctes Serang Sejumlah Kecamatan di Sangihe

Hama Kumbang Oryctes Rinoceros mengancam berkurangnya hasil Pertanian

Hama Kumbang Oryctes Rinoceros mengancam berkurangnya hasil Pertanian

Tahuna-Lahan pertanian disejumlah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, khususnya tanaman kelapa, kini terancam hama Kumbang Oryctes. Hama yang dapat mengancam berkurangnya hasil pertanian tersebut, mulai menyebar di Kecamatan Tahuna, Tabukan Tengah serta Kecamatan Tabukan Utara.

Hal ini dibenarkan Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Tahuna, Ratnawati Eda dikonfirmasi sejumlah wartawan, disela-sela kegiatan identifikasi, Selasa (14/03) kemarin.

Kegiatan identifikasi ancaman hama Kumbang Oryctes itu menurut Eda, juga melibatkan Tim Provinsi Sulawesi Utara setelah cukup banyak laporan yang disampaikan masyarakat ke instansi teknis, termasuk ke Balai BP4K.

”Terkait serangan hama Kumbang Oryctes sudah banyak dilaporkan warga petani dan saat ini kami sedang melakukan identifikasi bersama Tim Pemprov Sulut yang sengaja datang untuk melakukan pemberantasan,”ungkap Eda.

Sementara untuk penanganan hama yang turut mengancam menurunnya penghasilan petani kepala tersebut, diupayakan secepatnya dilakukan pemusnahan setelah proses identifikasi selesai dilakukan.

”Sudah ada langkah penanganan hingga secepatnya akan dilakukan pemusnahan setelah tahapan identifikasi,”ujarnya.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.