Polres Sangihe Antisipasi Aksi Penculikkan Anak

Kapolres Sangihe, AKBP I Dewa Made Adynana SIK,SH,MH

Kapolres Sangihe, AKBP I Dewa Made Adynana SIK,SH,MH

Tahuna-Aksi penculikkan anak yang semakin santer dipemberitaan media massa tak hanya jadi pembicaraan hangat, tapi mulai meresahkan warga Kabupaten Kepulauan Sangihe. Situasi tersebut langsung disikapi Polres Sangihe dengan memberikan jaminan keamanan dilingkungan sekolah.

Kapolres Sangihe, AKBP I Dewa Made Adyana SIK, SH,MH membenarkan saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (22/03) kemarin. Dikatakan, langkah yang ditempuh Polres saat ini, tak lain melakukan koordinasi dengan pihak sekolah sekaligus meminta kerja sama dengan berbagai pihak guna menghindari tindakan kejahatan penculikan anak yang konon dihargai hingga miliyaran rupiah.

Sejauh ini kata Kapolres, langkah antisipatif juga sudah dilakukan, dengan menempatkan personil di sekolah-sekolah dalam membantu kelancaran arus lalulintas, termasuk langsung juga mengawasi kondisi disekitar sekolah, baik saat masuk maupun pulang sekolah.

Selain langsung melakukan pengamanan, anggota Polres juga turut memberikan himbauan maupun koordinasi dengan pihak sekolah, terutama untuk anak sekolah ditingkat taman kanak-kanak ataupun anak SD dan SMP yang notabene sangat rentan menjadi sasaran penculikan.

”Jadi sudah ada langkah Polres mengantisipasi berita penculikkan yang saat ini semakin marak, dan tindakan ini akan terus berlangsung dalam rangka memberikan kenyamanan bagi warga,”ungkap Kapolres yang juga meminta kepada para orang tua murid turut proaktif, seperti membatasi anak menggunakan media sosial serta mengajarkan anak untuk tidak percaya dengan bujukkan atau menerima pemberian dari orang yang tidak dikenal.

Terinformasikan pula, pihak Satpol PP juga turut merespon masalah ini, dan sejak dua hari terakhir sejumlah Satpol PP melakukan pengawasan disekolah-sekolah yang berada di kota Tahuna dan sekitarnya.

”Rata-rata sampai 4 petugas Satpol PP yang melakukan pengawasan disejumlah sekolah di kota Tahuna, dan jika ada permintaan dari luar Tahuna kami juga akan segera membuat surat tugas bagi anggota Satpol lainnya,”ujar Plt. Kasatpol PP Sangihe, Julian Katiandagho dihubungi terpisa.(eleh)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.