Dinsos Bolmong Gelar Sosialisasi bersama TKSK

Dinsos melaksankan kegiatan sosialisasi verifikasi dan validasi data PBI- JKN,di buka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Luthfi Limbamadi SH

Dinsos melaksankan kegiatan sosialisasi verifikasi dan validasi data PBI- JKN,di buka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Luthfi Limbamadi SH

Bolmong – Dinas Sosial Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)  melaksanakan sosialisasi verifikasi dan validasi data PBI- JKN, di Kantor Dinas Sosial, Rabu (12/4).

Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Luthfi Limbamadi SH, dimaksudkan untuk menciptakan adanya persamaan persepsi karena TKSK sebagai ujung tombak dilapangan untuk melakukan verifikasi dan validasi data PBI-JKN (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional).

Sehingga ia  berharap melalui kegiatan ini bisa kita menyamakan persepsi dan aksi para pemangku kepentingan dalam melakukan verifikasi dan validasi data PBI-JKN di Bolaang Mongondow, sehingga program pemerintah betul-betul tepat sasaran.

“Saya berharap, selain menghasilkan data valid, agar nantinya penerima agar tepat sasaran dari hasil verifikasi dan validasi data PBIJKN,” ungkapnya.

Karena itu diharapkan  TKSK agar benar benar kerja sama dengan pemerintah Desa, unsur lainnya dari masyarakat yang bisa berpartisipasi dan memiliki kepedulian terhadap program PBIJKN ini.

Verifikasi dilakukan dengan pemeriksaan dan pengkajian untuk menjamin kebenaran data fakir miskin dan orang tidak mampu. Selanjutnya, dengan validasi bisa menetapkan kesalahan data terhadap fakir miskin dan orang tidak mampu dalam data PBIJKN yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat.

Sementara itu kepala Bidan Pemberdayaan Dinas Sosial (Dinsos) Propinsi Sulawesi Utara  Dra.Joice Rokmini MM mengungkapkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan Agar TKSK lebih profesional dalam melakukan  verifikasi  dan pendataan  dilapangan  terutama pendataan PMKS dan PSKS karena segala bantuan pemerintah pusat berdasarkan data valid yang dilakukan  oleh TKSK.

“Diharapkan, akan tersedia data fakir miskin dan orang tidak mampu peserta PBIJKN yang up to date dan tepat sasaran,” ungkapnya. (Sulhan)

Tags:
author

Author: