Pemkab Sangihe Siap Cairkan Dana Bantuan Pendidikan

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Masyarakat Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sangihe, Drs. Rolens Carlos MSi

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Masyarakat Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sangihe, Drs. Rolens Carlos MSi

Tahuna-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe siap mencairkan dana bantuan pendidikan bagi putra-putri daerah yang menuntut ilmu disejumlah perguruan tinggi. Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sangihe, Drs. Rolens Carlos MSi membenarkan ditemui sejumlah wartawan.

Namun menurutnya, dana bantuan pendidikan dimaksud masih diberlakukan bagi mahasiswa yang sudah pada tahap akhir studi atau dalam persiapan maju mengambil ijasah sarjana mulai dari diploma tiga dan strata satu sampai strata tiga.

”Memang untuk saat ini dana bantuan pendidikan yang dikelolo di Bagian Kesra masih terbatas pada mahasiswa yang sudah pada tahap akhir baik yang akan maju strata satu sampai strata tiga,”ungkapnya.

Dijelaskan, mekanisme untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan tidak berlaku seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana anggaranya langsung disiapkan pemkab melalui APBD, selanjutnya tergantung pihak pemohon yang mengajukan permohonan, tapi sudah berubah, yakni penganggarannya berdasarkan pengajuan proposal oleh setiap pemohon.

”Sudah berubah mekanisme bantuan dana pendidikan, yakni yang akan diakomodir hanya bagi mereka yang telah memasukkan proposal, karena akan diusulkan di APBD setelah dilakukan verfikasi. Jadi jika ada yang baru memasukkan proposal tahun ini, nanti bisa cair tahun depan setelah pengajuan mendapat persetujuan dalam APBD,”jelas Carlos yang juga menambahkan, untuk besaran dana pendidikan telah ditetapkan, masing-masing untuk diploma tiga Rp 2.000.000, strata satu Rp 2.500.000, strata dua Rp 5.000.000 dan strata tiga Rp 7.000.000.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.