Perindag Sangihe Programkan Pembangunan Sejumlah Pasar

Ilustrasi Pasar

Ilustrasi Pasar

Tahuna-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe masih mempriotaskan program pembangunan gedung pasar beserta kios disejumlah wilayah di Sangihe.

Hal ini terangkat pada kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (FSKPD) baru-baru ini di ruang Serbaguna Pendopo Rumah Jabatan Bupati. Dalam forum tersebut,  Kadis Perindag, Dra. Velma Maheso menyebut beberapa pasar akan dibangun pada tahun 2017 serta tahun 2018, diantaranya, pasar Naha Kecamatan Tabukan Utara, Kios di kompleks pasar Tona Kecamatan Tahuna Timur serta kios dan pasar kampung Bungalawang Kecamatan Tabukan Tengah yang tahun 2017 ini mulai akan dibangun.

”Disamping membangun beberapa pasar, Perindag juga memprogramkan kegiatan pasar murah disejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Tamako, Tabukan Utara, Tahuna, Manganitu dan Manganitu Selatan,”ungkap Maheso.

Tak kalah penting lainnya, untuk tahun ini sampai tahun 2018, instansi yang baru dipisahkan dengan Dinas Koeprasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro, juga memprogramkan perlindungan konsumen dan pengawasan perdagangan.

Kegiatan itu kata mantan Staf Ahli Kantor Bupati Sangihe, akan diawali dengan pengawasan serta razia barang kadaluarsa yang dilanjutkan dengan pengawasan tera ulang dan penertiban ijin penjualan minuman beralkohol.

Sementara sebagai daerah yang kaya akan sumber tanaman sagu, Perindag juga turut memprogramkan pembangunan sentra pengalohan sagu dan turunannya, termasuk akan memfasilitasi bantuan mesin dan peralatan pengolahan sagu disejumlah sentra yang telah terbentuk.

”Kami juga turut memfasilitasi bantuan untuk sentra pandai besi maupun perbengkelan di Kecamatan Tahuna, Tabukan Utara, Manganitu, Tahuna Timur serta peralatan mebel untuk kelompok kerja di Kecamatan Tabukan Utara, Tabukan Selatan dan Kendahe,”ujar Maheso.(eleh)

Tags:
author

Author: