Jelang Ramadhan,Perindag Sangihe Gelar Razia Barang Kadaluarsa

Dinas Perindustrian Perdangangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar razia barang kadalursa

Dinas Perindustrian Perdangangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar razia barang kadalursa

Tahuna-Menyambut momen bulan puasa dan Idul Fitri, Dinas Perindustrian Perdangangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar razia barang kadalursa. Kepala Dinas Perindag Sangihe, Dra,. Velma Maheso dikonfirmasi wartawan mengatakan, razia yang telah berlangsung sejak awal pekan tersebut, untuk menjamin ketersediaan bahan makakanan yang benar-benar layak pakai bagi umat Muslim yang akan menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Dijelaskan pula, razia barang kadaluarsa sudah menjadi kegiatan rutin Perindag, namun berkaitan dengan adanya momentum hari besar keagamaan, pelaksanaan razia lebih ditingkatkan.

”Sebetulnya ini kegiatan rutin, namun ada peningkatan kegiatan razia karena berkaitan dengan perayaan Idul Fitri,”ungkapnya.

Dari hasil razia yang dilakukan beberapa hari terakhir ini, temuan barang kadaluarsa didominasi minuman bersoda serta makanan ringan. Untuk tahap awal, menurut mantan Staf Ahli Kantor Bupati Sangihe itu, belum diberikan sanksi tegas bagi pedagang, karena masih berupa teguran dan penarikkan serta pemusnahan barang yang sudah kadaluarsa itu.

”Jadi paling banyak ditemukan minuman bersoda dan makan ringan, snak-snak, dan pedagang sudah menarik semua barang yang tidak layak itu termasuk memusnahkannya,”kata Maheso.

Sementara kegiatan lainnya Perindag yang diakukan menjelang Ramahdan, tak lain menggelar operasi pasar murah. Menurut rencana, operasi pasar akan berlangsung di 7 kecamatan, namun untuk saat ini masih terfokus di Kecamatan Tahuna dan kecamatan lainnya yang berbasis penduduk Muslim.

”Begitupun untuk barang yang masuk dalam operasi pasar murah masih dalam posisi 5 jenis produk, yakni gula, beras, minyak kelapa,.tepung dan telur,”ujarnya.

Ditambahkan, operasi pasar murah yang bertujuan untuk mempermudah warga Muslim mendapatkan kebutuhan yang terjangkau tersebut, juga merupakan kerjasama Perindag dengan pihak Dolog Tahuna di tujuh kecamatan, diantaranya Kecamatan Tahuna, Tabukan Utara, TahunaTimur, Kendahe dan Nusa Tabukan.(eleh)

Tags:
author

Author: