Bupati Salurkan Bansos Non Tunai PKH Bagi KPM

Bupati Sitaro Toni Supit, SE.MM, dan Ketua TP-PKK Sitaro foto bersama dengan warga KPM penerima bansos non tunai

Bupati Sitaro Toni Supit, SE.MM, dan Ketua TP-PKK Sitaro foto bersama dengan warga KPM penerima bansos non tunai

Sitaro – Bertempat di pasar Mebura Ulu Siau, Bupati Sitaro Toni Supit, SE.MM, melaunching penyaluran bantuan sosial non tunai bersama BRI KCP Sitaro. Bupati pada kesempatan yang sama menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kepulauan Sitaro secara non tunai bagi warga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Semoga dengan adanya Bansos non tunai melalui PKH ini bisa meningkatkan kesejahteraan warga KPM,” ucap Supit, Selasa (29/8) kemarin.

Supit juga menyebutkan, berdasarkan data dari Dinas Sosial PPPA dan PMD Sitaro, pada tahun 2017 KPM PKH terdaftar sebanyak 896  keluarga atau berkurang 433 keluarga dari tahun 2016 yang berjumlah 1.329 keluarga.

“Berkurangnya penerima PKH diantaranya disebabkan terjadinya peningkatan kesejahteraan anggota PKH, anak usia sekolah dalam keluarga penerima bantuan telah menyelesaikan pendidikan dasar 12 tahun,” ujarnya.

Bupati juga berharap penerima bantuan bisa memanfaatkan bantuan secara bijak untuk pemenuhan kebutuhan kesehatan, pendidikan dan kebutuhan lainnya.

“Diharapkan pula dengan adanya bantuan ini juga bisa mengajak penerima bantuan agar gemar menabung,” imbuh dia.

Bantuan sosial secara non tunai yang diserahkan berupa buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga berfungsi sebagai ATM. Setiap triwulannya keluarga PKH menerima bantuan sebesar Rp 500 ribu rupiah yang disalurkan melalui lembaga penyalur bantuan melalui bank BRI.

Kehadiran aku diharapkan mampu memutus rantai kemiskinan antar generasi, dimana PKH diperuntukkan mengurangi beban pengeluaran keluarga penerima bantuan, terlebih untuk pemenuhan kebutuhan pendidikan, kesehatan dan membantu pemenuhan kebutuhan pokok keluarga.

Hadir dalam acara tersebut,pimpinan cabang BRI Tahuna, Danny Bilang, Asisten II, para kepala SKPD,  camat Sitim dan Sitimsel, Perwira penghubung Kodim 1301-02. (Dik)

Tags:
author

Author: