Kota Bitung Miliki Sekolah Sungai

Sosialisasi sekolah sungai ini dibuka oleh Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban-Rawung dan Sekretaris Daerah Audy Pangemanan

Sosialisasi sekolah sungai ini dibuka oleh Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban-Rawung dan Sekretaris Daerah Audy Pangemanan

Bitung-Setelah melalui proses persiapan dan perencanaan sekitar tiga bulan, sekolah sungai di Bitung akhirnya terbentuk.Deklarasi sekaligus sosialisasi pendirian sekolah sungai yang diberi nama MaMa Seksi (Max Maurits Sekolah Sungai) dilakukan pada Selasa 12 September 2017 bertempat di pinggiran sungai atau kuala bir Pinokalan, Kecamatan Ranowulu.

Sosialisasi sekolah sungai ini dibuka oleh Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban didampingi Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban-Rawung dan Sekretaris Daerah Audy Pangemanan.

Selain sosialisasi Sekolah Sungai, Pemerintah Kota Bitung bersama Komunitas Pecinta Lingkungan bersama seluruh  kalangan terkait merencanakan akan membbuat taman sungai. Pada kesempatan itu pula Walikota Bitung melakukan peletakkan batu pertama pembangunan taman sungai.

Lebih menarik lagi, Ketua TP-PKK Kota Bitung  Ny Khouni Lomban-Rawung pemerhati dan pecinta lignkungan yang juga Duta Yaki dan penggagas Go Green didaulat sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) MaMa Seksi (Max-Maurits Sekolah Sekolah Sungai).

Walikota Maximiliaan Jonas Lomban pada kesempatan itu mengatakan, setelah sosialisasi ini selesai, para realawan harus di data untuk mendapat pelatihan selanjutnya, agar mendapat sertifikat dengan berbeda domainnya. Setelah  selesai pada jenjang yang kedua, mereka  akan menjadi contoh dan corong tentang penyelamatan sungai.

“Jadi intinya kita perlu menyelamatkan dan memanfaatkan sungai, melalui komunitas sekolah sungai, kiranya selalu memberi rekomendasi kepada pemerintah untuk membuat apa kedepannya. Setelah selesai wajib mensosialisasikan ilmu ke sekolah, agar makin banyak yang tahu tentang pentingnya sungai,” jelas Lomban.

Sementara  pada kesempatan itu juga Khouni Lomban-Rawung selaku Kepsek MaMa Seksi mengajak semua pihak, seluruh kalangan masyarakat agar bersama-sama memelihara lingkungan.

“Mari kerja bersama dan bersama-sama  kerja merawat lingkungan,”ajak Khouni didampingi Wakil Kepsek MaMa Seksi, Ferdy Pangalila.

Turut hadir Kepala BPBD Bitung Frangky Ladi yang juga turut menggagas sekolah sungai,  unsur Forkopimda para Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat Ranowulu Diana Sambiran, Camat Girian Riccy Tinangon dan para lurah yang ada di Kecamatan Girian dan Ranowulu.(estefanus)

Rate this article!
Tags:
author

Author: