Stok Beras Aman,Faktof Cuaca Jadi Kendala Penyaluran Rastra di Sangihe

Kepala Dolog Tahuna, Munafri Syamsudin

Kepala Dolog Tahuna, Munafri Syamsudin

Tahuna-Untuk ketersediaan stok beras dolog di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Perum Bulog Sub Devisi Regional II Tahuna telah memastikan aman sampai awal tahun depan. Begitupun untuk penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) juga terbilang aman hingga bulan Desember mendatang, namun masih terhambat pada kendala cuaca.

Meski begitu, untuk distribusi beras Rastra di Sangihe terbilang hampir tuntas tinggal dua bulan kedepan pendistribusiannya akan selesai dilakukan, baik menggunakan kendaraan darat maupun kapal dan perahu untuk wilayah pulau.

Hal ini dikatakan kepala Perum Bulog Sub Devisi Regional II Tahuna, F Syamsudin kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya baru-baru ini.

“Kalau soal ketahanan beras Rastra untuk saat ini tergolong aman hingga akhir 2017, yang jadi kendalanya saat ini penyaluran beras ke desa-desa dan pulau-pulau akibat cuaca buruk yang melanda Sangihe belakangan ini,” ujarnya.

Dikatakan pula, untuk stok beras hingga Desember 2017 masih tahap distribusi, dimana masih tersedia 974 ton dari jumlah penerima Rastra untuk Kabupaten Sangihe 8223 KK.

“Penyaluran beras disangihe masih dalam tahap distribusi masih tersedia 974 ton masih ada di gudang, dan dipastikan akan terpenuhi. Apalagi akan ada stok yang sudah disiapkan sebelum jatah Rastra ini habis,” ungkap Syamsudin.

Sedangkan untuk ketersediaan stok gula dan minyak kelapa katanya, juga masih tergolong aman. Dimana gula masih tersedia 155 ton dan minyak kelapa sebanyak 1640 liter.

“Dan untuk stok Gula masih tersedia 155 ton dan minyak kelapa 1640 Liter,”kata Syamsudin.

Sementara untuk menjaga stabilitas harga menjelang hari raya Natal, pihak Bulog bersama instansi terkait akan melakukan operasi pasar.

“Operasi ini akan dilakukan agar tidak timbul spekulasi para pedagang menaikan harga sembako sepihak, karena mendekati hari raya, harga yang dijual tidak stabil dan merugikan warga,”tukasnya seraya menambahkan, operasi pasar tidak hanya beras, ada juga komoditi lain seperti minyak goreng, terigu, gula pasir dan mentega.(eleh)

 

Tags:
author

Author: