Pemilihan Kapitalaung Serentak di Sangihe Mei 2018

Tahuna-Dipastikan agenda pemilihan Kapitalaung (Kepala kampung) serentak di Kabupaten Kepulauan Sangihe dilakukan pada bulan Mei 2018. Menurut rencana, pemilihan kapitalaung akan dilakukan pada 123 kampung dari 145 kampung di Sangihe.

Hal ini dibenarkan Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sangihe, Drs. Ashari. Mandiri dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/11) kemarin. Bahkan terkait dengan rencana pemilihan kapitalaung serentak, sejak bulan Oktober 2017 telah dilakukan tahapannya yang diawali dari pembentukkan panitia ditingkat kampung serta persiapan lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, tidan lanjut dari pembentukkan panitia, Pemkab Sangihe juga telah melaksanakan bimbingan teknik bagi seluruh panitia yang telah terbentuk dengan menghadirkan nara sumber dari kabupaten, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Hukum, Badan Kesatuan Bangsa dan beberapa instansi terkait lainnya.

”Jadi sudah pasti Mei tahun depan pemilihan kapitalaung secara serentak akan dilakukan, karena saat ini saja sudah jalan tahapannya, termasuk pembentukkan panitia dan bimbingan teknik pelaksanaan pemilihan,”ungkap Mandiri.

Ditambahkan, menyangkut kriteria dan persyaratan calon kapitalaung juga telah disusun, seperti memiliki ijasah serendah-rendahnya SLTP dan usia minimal 25 tahun, termasuk untuk penggunaan anggaran seluruh kegiatan pemilihan bersumber dari APBD.

”Pada dasarnya persiapan pemilihan kapitalaung serentak sudah siap, tinggal menunggu waktu pelaksanaan dan kesiapan masing-masing kampung,”ujarnya.(eleh)

Tags:
author

Author: