Peresmian Pembentukan Kampung “KB”dan Desa Wisata di Desa Kilometer Tiga

Bupati Christiany E Paruntu,SE Saat Melakukan Pengguntingan Pita Kampung KB Desa Kilometer Tiga.

AMURANG,- Desa kilometer tiga Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), diresmikan oleh Bupati Christiany E Paruntu,SE sebagai kampung keluarga berencana pembangunan keluarga (KKBPK) atau biasa disebut Kampung KB, bersamaan dengan itu di canangkan pula sebagai Desa Wisata di Desa Kilometer Tiga, Selasa 8/11.

Diawali dengan Pengguntingan Pita pada tugu Kampung KB Desa kilo meter tiga, dilakukan langsung oleh Bupati Christiany E Paruntu,SE yang dilanjutkan dengan peguntingan Pita oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut Dra. Theodora Panjaitan M.Sc, sebagai Desa Wisata Desa Kilo Meter Tiga, yang didampingi Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSI.

Foto : Bupati Christiany E Paruntu,SE BKKBN Provinsi Theodora Panjaitan,M.Sc Kapolres AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSI Kaban Audy Emor Camat Amurang Jhon Mononimbar dan Kuntua Desa Kilometer Tiga Herman Ulaan.

Usai peresmian Kampung KB Desa Kilo metertiga dan Desa Wisata,  dilanjutkan dengan acara yang dipusatkan di balai pertemuan umum Desa Kilometer tiga, kesempatan itu Kuntua Desa Kilometer tiga Herman Ulaan menyampaikan bagaimana terbentuknya Desa Kilometer Tiga yang dulunya disebut ” Woran. “

Dalam Laporan Kepala BKKBN Provinsi Sulut yang disampaikan oleh Dra. Theodora Panjaitan M.Sc. mengatakan, “Kampung KB  tersebut  merupakan salah satu bentuk/model miniature dalam  pelaksanaan total program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,” terangnya.

Kesempatan itupula Bupati Christiany E Paruntu,SE dalam sambutannya mengucapkan, Pencanangan KKBPK atau kampung KB di desa Kilometer tiga ini, diharapkan memotivasi semua elemen untuk bersama-sama mengarahkan warga Masyarakat Minsel  menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera ini.

” Program unggulan yang sudah di bentuk ini kiranya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, termasuk Pencanangan desa wisata yang  tidak pernah terbentuk tanpa adanya kemauan, kemampuan, dan giat masyarakat dalam mengelola objek wisata yang dimilikinya. Untuk membentuk desa wisata perlu diawali dengan pembentukan kelompok sadar wisata dan bisa  menjadi daya tarik wisatawan di kabupaten Minsel, Ucap Bupati Tetty.

Acara dilanjutkan dengan makan bersama dengan masyarakat Desa Kilometer Tiga, sesudah itu dilakukan tanya jawab untuk perebutan hadiah yang sudah disiapkan 5 pertanyaan untuk 5 orang yang akan menjawabnya. Acara diakhiri dengan lagu-lagu yang diiringi Sound Sistem dan musik bambu Cilik Desa Kilometer tiga yang dinyanyikan oleh masyarakat serta PNS yang hadir, tak ketinggalan pula untuk menutup acara tersebut Bupati menyanyikan dua lagu berturut-turut untuk menghibur masyarakat. (jaan)

author

Author: