Razia HP Rutin,Polres Proaktif Tanggulangi Kenakalan Remaja

Kapolres Sangihe, AKBP I Dewa Made Adyana SIK, SH,MH pada acara Coffe Morning Kapolres bersama Forum Wartawan Sangihe (Forwas) di Mapolres Sangihe

Kapolres Sangihe, AKBP I Dewa Made Adyana SIK, SH,MH

Tahuna-Tidak hanya terkonsentrasi menangani keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polres Sangihe juga turut proaktif dalam menekan kenakalan remaja. Dan salah satu langkah yang dilakukan Polres, tak lain dengan melakukan razia hand phone (HP) yang langsung mendatangani sejumlah sekolah. Hal ini dibenarkan Kapolres Sangihe, AKBP I Dewa Made Adyana SIK, SH,MH dikonfirmasi wartawan baru-baru ini.

Menurut Kapolres, razia hand phone dilakukan dalam rangka pembinaan bagi generasi muda yang masih harus mendapat bimbingan dan arahan agar tidak salah arah dalam menggunakan telepon seluler maupun menyikapi kemajuan tekonologi. Kapolres juga mengakui, razia hand phone bagi kalangan pelajar dilakukan secara mendadak tanpa terjadwalkan, namun sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan pihak sekolah.

”Memang ada kegiatan rutin untuk razia hand phone di sekolah-sekolah yang sifatnya dadakan tidak terjdwalkan. Selain melakukan pengecekkan serta pemeriksaan isi hand phone jangan sampai berisikan hal-hal yang negatif, juga dilakukan pengarahan dan bimbingan kepada para siswa,”kata Kapolres.

Meski kesalahan dalam menggunakan hand phone hanya bersifat kenakalan remaja, Kapolres tetap berharap peran semua pihak dalam mengarahkan dan membimbing, terutama para orang tua yang juga harus proaktif melakukan pengawasan langsung.

”Selain instansi teknis yang punya peran melakukan pengawasan, sangat diharapkan para orang tua juga turut peduli dengan putra-putrinya, seperti harus bentuk perhatian orang tua yang sekali-kali perlu memeriksa hand phone jangan sampai ada konten pornografi,”ujar Kapolres yang juga menambahkan, Polres tetap bekerja secara formal maupun informal jika pada saat tertentu dibutuhkan, bahkan sekalipun dihubungi lewat ponsel pihak Polres selalu siap.(eleh)

author

Author: