Rp 9 M Dana Kapitasi Dinkes Sangihe Juga Untuk BPJS

Tahuna-Sedikitnya Rp 9 miliyar dana kapitasi siap diberdayakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk tahun 2017 ini. Angka Rp 9 miliyar itu sudah termasuk Rp 2 miliyar lebih yang berasal dari pemerintah setempat yang telah ditetapkan tim anggaran dan telah dibahas di DPRD.

Hal ini dibenarkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangihe, Jefry Gaghana SH,MH dikonfirmasi wartawan, Senin (06/11) kemarin.

Dijelaskan mantan Kadis Kebudayaan dan Pariwisatan Sangihe tersebut, pelayanan BPJS merupakan salah satu sasaran dari pembiayaan dana kapitasi disamping pembiayaan pelayanan kesehatan tenaga medis dan alat kesehatan serta pengadaan obat-obatan yang dilakukan secara otonom dimasing-masing puskesmas.

”Jadi ada sekitar Rp 9 miliyar dana kapitasi tahun 2017 ini segera direalisasikan, termasuk Rp 2 miiyar lebih dari Pemkab Sangihe yang saat ini sudah tinggal menunggu realisasi APBD,”ungkap Gaghana.

Terkait akan segera terealisasinya dana kapitasi, Gaghana optimis hal itu sangat berdampak bati pelayanan kesehatan di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina, terlebih untuk pelayanan BPJS dan layanan serta ketersediaan obat-obatan di puskesmas.(eleh)

Tags:
author

Author: