Walikota GSVL Irup Hari Guru Nasional di Lapangan Tikala.

Sambutan Mentri Pendidikan dan Kebuayaan Yang di Bacakan Oleh Inspektur Upacara GSVL.

MANADO,- Untuk Memperingati Hari Guru Nasional tahun 2017, jajaran pendidikan di Kota Manado melaksanakan upacara bendera dengan inspektur upacara (Irup) Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, di lapangan Sparta Tikala Manado, Sabtu (25/11)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dalam sambutan yang dibacakan Walikota GSVL mengatakan momentum Hari Guru Nasional Tahun 2017  dijadikan sebagai refleksi bagi guru-guru terhadap sikap professional dan teladan bagi peserta didiknya.

“Momentum Hari Guru Nasional ini, hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah cukup professional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Dilain sisi, apakah kita sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita, sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil,” ujar Mendikbud, seperti dikutip Walikota GSVL.

Bagi pemerintah, tukasnya, peringatan Hari Guru Nasional ini menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan.

“Bagaimanapun harus diakui bahwa masih banyak persoalan guru yang belum sepenuhnya teratasi. Oleh sebab itu, kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru lebih kompeten, professional, terlindungi dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia dan bermartabat,” tandas Mendikbud.

seraya menegaskan akan memperhatikan guru didaerah terutama dalam pemberian tunjungan profesi bagi guru yang bersertifikasi. Meski demikian, kata Walikota GSVL mengutip Mendikbud, perlu disadari secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab Negara, tetapi secara moral merupakan tanggung jawab bersama.

“Upaya pemerintah pusat tentu memiliki keterbatasan, dan oleh karena itu sangat pantas kita berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah ikut membantu meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru,” tukasnya.

Mendikbud juga mengakui jika permasalahan guru disetiap daerah berbeda-beda. Sehingga, dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mengambil kebijakan untuk mengatasi problem tersebut.

Upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017 tingkat Kota Manado ini berlangsung khidmat. Secara nasional tema yang diangkat dalam peringatan ini adalah membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo kepada sejumlah guru di Kota Manado.(Humas/jaan)

author

Author: