Awal Tahun Depan Inspektorat Periksa Realisasi Dandes

Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe, Drs. Tajudin Sainkadir

Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe, Drs. Tajudin Sainkadir

Tahuna-Tak hanya diperhadapkan dengan proses pencairan tahap dua yang belum maksimal hingga menjelang akhir tahun, masing-masing kampung juga akan diperhadapkan dengan pemeriksaan realisasi anggaran dana desa (Dandes) oleh pihak Inspektorat.

Menurut informasi Inspektur Drs. Tajudin Sainkadir, pihaknya sudah mulai mengumpulkan data dan hasil pantauan lapangan mengingat pemeriksaan Dandes secara intensif akan digelar awal Januari 2018.

”Jadi kami sedang menghimpun data dan informasi dari masyarakat maupun hasil monitoring lapangan terhadap realisasi Dandes, termasuk informasi dari pers dan media sosial juga kami himpun sebab pemeriksaan akan dilakukan awal Januari nanti,”kata Sainkadir.

Terkait sebagian besar kampung yang masih diperhadapkan dengan masalah pencairan tahap dua yang harus tuntas sebelum berakhir tahun anggaran, Sainkadir meminta para Kapitalaung (Kepala kampung) menseriusi penyusunan laporan pertanggung jawaban (LPJ) yang akan menjadi syarat utama pencairan tahap akhir.

Ia juga mengingatkan sanksi adminitrasi maupun sanksi hukum pasti akan diterima setiap kampung yang tidak memanfaatkan dana desa secara baik dan maksimal.

”Selain mempercepat proses pencairan tahap dua, kami juga berharap setiap kampung mampu melaksanakan dan desa dan pemanfaatkan harus sesuai ketentuan agar terhindar dari masalah hukum,”ujar Sainkadir.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply