Hadapi Natal,Perindag Sangihe Awasi Harga Barang

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Sangihe, Dra. Velma Maheso

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Perindag) Sangihe, Dra. Velma Maheso

Tahuna-Bukan rahasia lagi tak jarang pengusaha menaikkan harga barang disaat menjelang hari besar keagamaan, seperti Natal dan Tahun Baru. Modus pengusaha seperti itu sepertinya telah diantisipasi pihak teknis Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Buktinya, saat ini Perindag rutin turun lapangan melakukan pemantauan sekaligus mengawasi jangan sampai ada pengusaha yang secara sepihak menaikkan harga barang. Tak hanya itu, Perindag sebagaimana dikatakan kepala dinas, Dra. Velma Maheso, bakal memberikan sanksi tegas ketika menemukan ada pengusaha yang sengaha menimbun barang dengan tujuan untuk mempermainkan harga barang.

”Tentunya akan ada tindakan tegas yang didahului dengan peringatan, dan jika dilakukan berulang-ulang kami siapa mencabut ijin usaha bahkan membawa ke rana hukum,”tegas Maheso.

Selain mengawasi harga barang secara umum, Perindag kata mantan StafAhli Kantor Bupati Sangihe tersebut juga turut mengawasi harga barang produk Tol Laut, sekaligus mengingatkan pengusaha Tol Laut jangan mempermainkan harga barang.

”Produk Tol Laut juga kami awasi dan kami sudah ingatkan pengusahanya untuk tidak memainkan harga,”ujarnya.

Sementara dalam rangka stabilisasi harga barang, dalam satu dua hari kedepan Dolog Sub Devisi Regional II Tahuna bersama Dinas Pangan akan menggelar operasi pasar. Kepala Dinas Pangan melalui Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Robert Rada SP mengatakan, operasi pasar merupakan intervensi pemerintah dalam menjamin kebutuhan masyarakat yang akan menghadapi hari besar keagamaan sekaligus sebagai bentuk pengawasan terhadap ketersediaan stok barang.

”Operasi pasar diantaranya beras, gula dan minyak goreang direncanakan mulai tanggal 20 Desember mendatang,”ungkap Robert.(eleh)

Tags:
author

Author: