Pasar Peltu Segera Berubah Jadi Hotel Bintang Tiga Plus

Area pasar Pelabuhan Tua (Peltu) Tahuna

Area pasar Pelabuhan Tua (Peltu) Tahuna

Tahuna-Para pedagang maupun penjual yang selama ini menempati area pasar Pelabuhan Tua (Peltu) Tahuna sudah harus ancang-ancang menyiapkan diri untuk direlokasi. Ini berkaitan dengan akan segera dibangunnya hotel bintang tiga plus di kawasan pasar yang terletak tepat di pusat Ibukota Kabupaten Kepulauan Sangihe tersebut.

Terkait pembangunan hotel ditengah pusat keramaian kota Tahuna itu, tak hanya dibenarkan pihak Dinas Perindusitrian Perdagangan (Perindag) Sangihe, dikonfirmasi belum lama ini, tapi turut dipertegas Bupati Jabes Gaghanan SE,ME ketika membawakan sambutan pada rapat paripurna penetapan RAPBD Sangihe 2018 menjadi APBD.

Bahkan menurut Bupati, peletakkan batu dasar tanda mulai didirikannya  hotel yang akan dibangun oleh salah satu investor, direncanakan tanggal 31 Januari 2018, bertepatan dengan HUT Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Bupati juga mengatakan, pembangunan hotel yang sudah pasti akan menunjang kegiatan perekonomian dan pembangunan daerah serta mampu menyerap tenaga kerja, merupakan pola kerjasama antara investor yang bergerak dibidang perhotelan dengan pemkab setempat.

”Jadi untuk kegiatan pembangunan hotel dipastikan awal tahun depan, karena peletakkan batu dasarnya akan dilakukan tanggal 31 Januari 2018,”kata Bupati.

Sebelumnya rencana pembangunan hotel sempat mendapat kritikkan dari sejumlah kalangan, termasuk dari beberapa anggota DPRD Sangihe, yang justru lebih setuju kawasan Peltu tetap dijadikan kawasan perdagangan terbuka.

”Sebetulnya kawasan Peltu dijadikan kawasan perdagangan terbuka, tapi mungkin sudah ada kajian teknis dari pemkab sehingga dilokasi itu akan dibangun hotel,”ungkap Ketua Komisi B DPRD Sangihe, Ferdy Sinedu ST dikonfirmasi beberapa waktu sebelumnya.

Sebelumnya juga para penjual dan pedagang pasar Peltu telah meminta jaminan tempat berjualan yang layak ketika mereka akan direlokasi, dan hal itu telah disanggupi instansi teknis Dinas Perindag ketika melakukan sosialisasi.

”Yang pasti tetap disediakan tempat berjualan bagi pedagang pasar Peltu ketika pembangunan hotel akan dimulai,”ujar Kadis Perindag Sangihe, Dra. Velma Maheso.(eleh)

 

Tags:
author

Author: