Bupati Gaghana Launching Raskin Gratis

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME

Tahuna-Tahun 2018 ini Pemerintah Pusat melalui Presiden Joko Widodo (Widodo) mencanangkan program beras pra sejahtera atau yang biasa disebut beras miskin (Raskin) secara gratis. Dan sebagai tindak lanjut dari program raskin gratis tersebut, Kamis (18/01) kemarin Bupati Jabes Gaghana SE, ME bersama pihak Dolog Tahuna melakukan launching tanda dimulainnya pendistribusian raskin gratis di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Saat menyampaikan sambutan diacara launching, perubahan pola distribusi raskin menjadi udah menjadi komitmen sekaligus merupakan pola pendekatan pemerintah dari pusat sampai ke daerah. Bupati juga mengakui program raskin gratis merupakan kebijakkan yang luar biasa dari Presiden Jokowi, sebab tidak hanya membebaskan warga pra sejahtera dari biaya Rp 1600 per kilogram yang sebelumnya diberlakukan bagi penerima raskin, tahun ini juga warga penerima raskin turut dibebaskan dari ongkos angkut raskin yang kerab dibebankan Kapitalaung (Kepala kampung) maupun Kelurahan kepada warga.

”Selain raskin sudah gratis, tidak ada lagi ongkos transpor yang selama ini turut dibebankan ke masyarakat. Jadi saat ini warga tak perlu lagi memberi uang untuk biaya angkut beras, karena pihak Dolog akan langsung mengantarkannya sampai ke masing-masing kantor desa,”kata Bupati.

Yang lebih luar biasa lagi lanjut Bupati, kebijakkan Presiden selanjutnya kedepan, warga sudah tidak menerima lagi beras, namun sudah uang yang dalam bentuk kartu, dimana didalamnya telah disinkronkan keluarga akan menerima uang dan bea siswa anak serta dana keluarga harapan.

”Program ini akan mendorong semangat masyarakat penerima raskin dalam pengurangi pengeluaran, karena ini sudah menjadi komitmen pemerintah dalam meminimalisir jumlah warga pra sejahtera sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ujar Bupati yang pada launching tersebut turut menyaksikan kegiatan penyaluran raskin gratis yang bertempat di gudang Dolog Tahuna.(eleh)

Tags:
author

Author: