Didukung Bupati Sitaro,Pulau Makalehi Bakal Miliki Pos Angkatan Laut

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna berencana membangun Pos Angkatan Laut (AL) di Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro.

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna berencana membangun Pos Angkatan Laut (AL) di Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro.

Tahuna-Sebagai bagian dari upaya memperkuat pengamanan di wilayah perbatasan Indonesia-Philipina, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna berencana membangun Pos Angkatan Laut (AL) di Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro.

Hal ini dibenarkan Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Setyo Widodo SE MSi disela penyampaian saat  melakukan Pengawasan dan Pengamanan (Waspam) giat patroli terbatas dengan Kapal AL PSH di wilayah kerja Lanal Tahuna khusus diperairan Pulau Para Kecamatan Tatoarang Kabupaten Sangihe dan Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro, belum lama ini.

Dijelaskan Danlanal, pembangunan Pos AL ini direncanakan tahun 2019 mendatang sambil menunggu pembebasan lahan selesai, dengan panjang 25 meter, lebar 20 meter, berlokasi di Kampung Makalehi Induk Kecamatan Siau Barat.

“Sebagai penegak hukum dan kedaulatan,pengembangan Pos AL ini kedepan sangat bernilai strategis guna melaksanakan deteksi secara dini kerawanan di perbatasan paling barat khususnya bahasa penetrasi ancaman faktual teroris yang setiap saat bisa masuk wilayah pulau Makalehi, ” jelas Danlanal.

Konsep pengembangan penempatan Pos AL kata Danlanal juga sangat didukung sepenuhnya oleh Pemkab Sitaro dan secara bertahap akan membantu pembebasan lahan.

“Bupati Sitaro Pak Toni Supit sangat mendukung pembangunan Pos AL di Pulau Makalehi dan saat ini sudah di masukkan dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) untuk penyiapan lahannya,” kata Danlanal yang juga memberikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Bupati dan Pemkab Sitaro.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply