Pilkalung Sangihe Serentak Masuk Tahapan Perpanjangan Pendaftaran

Tahuna-Pemkab Sangihe melalui Pantia Pemilihan Kepala Kampung atau Kapitalaung (Pilkalung) serentak terus mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan yang akan dimulai 28 Mei 2018. Dan menurut Kabag Pemerintahan Kantor Bupati Sangihe melalui Kasubag Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) , Karisma Bataha, hingga saat ini proses Pilkalung bagi 122 kampung yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Sangihe telah memasukki tahapan perpanjangan pendaftaran.

“Untuk Tahapan Pilkades atau pemilihan Kapitalaung serentak di Sangihe sampai saat ini sudah memasuki tahapan perpanjangan pendaftaran. Perpanjangan pendaftaran itu bagi kampung yang pendaftar calon Kapitalaung kurang dari 2 orang, itu terhitung dari tanggal 15 Desember sampai dengan tanggal 18 Januari,” ujar Bataha.

Dijelaskan pula, setelah tahapan perpanjangan pendaftaran akan ada tahapan penelitian ke absahan administrasi bakal calon.

“Dan itu juga akan dilakukan selama 20 hari mulai tanggal 19 Januari hingga 15 Februari. Sadangkan untuk penetapan calon itu sendiri, nanti akan dilakukan pada tanggal 12 Maret, itu pun bagi kampung yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Dijelaskan juga, bagi kampung yang memiliki lima calon atau lebih akan dilakukan seleksi tambahan oleh panitia tingkat Kabupaten.

“Seleksi tambahan itu akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 Maret, itu bagi kampung yang bakal calonnya lebih dari lima,”tukasnya. (eleh)

Tags:
author

Author: