Usai Perbaikkan Mesin,PLN Jamin Tak Ada Lagi Pemadaman Listrik Terencana

Tahuna-Setelah beberapa kali memberlakukan pemadaman listrik secara terencana dan bergiliran dibeberapa tempat, PT PLN Area Sangihe akhirnya menjamin pemadaman tidak akan lagi terjadi, terkecuali pemadaman secara tak terencana karena faktor alam atau dampak dari cuaca buruk.

Jaminan tak ada lagi pemadaman terencana tersebut karena baru-baru ini pihak PLN telah melakukan perbaikkan mesin sekaligus melakukan penggantian sejumlah mesin, sehingga mengharuskan dilkukan pemadaman secara bergiliran. Hal ini dibenarkan salah satu Asisten Manager PLN Tahuna, Roy Abdulrahim Takalimingan.

”Dengan adanya perbaikkan mesin dan ketambahan mesin baru, sudah tidak akan terjadi lagi pemadaman secara terencana , kecuali pemadaman tak sengaja karena gangguan faktor cuaca yang tidak bersahabat,”ungkapnya.

Jaminan ketersediaan pasokkan listrik untuk seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe menurut Takalamingan juga sangat memadai dengan kotersediaan sebanyak 10 kilowatt, sementara penggunaan listrik saat ini kurang lebih 8 ribu kilowatt. Diakuinya, juga, untuk sistim jaringan dan distribusi listrik PT PLN Area Tahuna dilakukan secara interkoneksi antara PLTD Tahuna, PLTD Tamako, PLTD Manalu dan PLTD Tabukan Utara.

”Jadi kita ada surplus kurang lebih 2000 kilowatt dari keseluruhan pemakaian listrik dengan total beban 8 ribu kilwaat. Namun kepekaan terhadap gangguan karena faktor alam juga sangat sensitif, karena kita menggunakan sistim interkoneksi,”kata Takalimingan yang juga menambahkan, dengan adanya ketambahan mesin baru PLN juga tetap membuka kesempatan bagi pelanggan yang hendak menambah daya listrik maupun melakukan pemasangan baru.(eleh)

Tags:
author

Author: