Walikota Vicky Lumentut Ajak Warga Bekerjasama Jadikan Manado ‘Rumah Kita Bersama’

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA

Manado-Tak henti-hentinya Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA mengingatkan agar warga Kota Manado agar terus menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan dan kerukunan. Menurutnya, hidup bersih, aman, nyaman dan rukun merupakan bagian dari kehidupan warga kota yang untuk menjadikan Manado sebagai ‘Rumah Kita Bersama.

“Saya ajak torang (kita) semua bekerjasama dan sama-sama kerja untuk beking (membuat) Manado rumah kita bersama yang bersih, aman, nyaman dan rukun. Dimulai dari diri kita sendiri, keluarga, lingkungan tempat kita tinggal, tempat kita kerja dan akhirnya disemua wilayah Manado,” ujar pemimpin pilihan rakyat Manado itu, Minggu (14/01) pagi tadi.

Dikatakan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama tidak hanya pemerintah, warga kota diminta untuk mengajak warga lainnya agar membuang sampah pada tempatnya.

“Mari torang (kita) ajak semua warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, tapi buanglah sampah pada tempatnya. Beking (buat) sungai dan pantai bersih,” tandas orang nomor satu di ibukota Provinsi Sulawesi Utara tersebut, seraya menegaskan agar kebersihan termasuk dilingkungan pasar harus pula dijaga bersama.

“Mari torang beking tu (kita buat) pasar tradisional yang bersih, jualan dan belanja ditempat yang sudah diatur,” imbaunya.

Terkait penataan lalu lintas khususnya trotoar sebagai fasilitas umum untuk pejalan kaki, selaku pemimpin di Kota Manado, Walikota Vicky Lumentut meminta warga agar tidak memarkir kendaraannya diatas trotoar baik roda dua maupun roda empat.

“Mari torang taati aturan lalu lintas di jalan. Jangan parkir kendaraan ditempat yang dilarang parkir, seperti di trotoar. Tapi parkirlah kendaraan ditempat yang ditentukan dan jangan beking trotoar sebagai tempat jualan,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Dilain pihak, suami tercinta Rektor Universitas Negeri Manado (UNIMA) Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA itu, mengimbau warga kota untuk menciptakan suasana yang damai dan nyaman serta penuh toleran meski berbeda suku, agama, ras dan antar golongan, bagi para tamu yang datang dari luar Manado.

“Mari torang (kita) hidup damai tanpa bedakan asal suku, agama, warna kulit, karena damai itu indah, sejuk dan sukacita. Torang (kita) jadikan Manado ini sebagai kota yang aman, damai, nyaman dan sejuk bagi torang (kita) dan tamu-tamu yang datang, supaya dorang (mereka) suka datang lagi dan ajak orang lain datang ke Manado,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.(bag.pemhum)

Tags:
author

Author: