PDAM Bitung Sosialisasi Penyesuaian Tarif

Luntungan: Ini Penting Untuk Peningkatan Pelayanan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bitung melakukan Sosialisasi Penyesuaian Tarif

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bitung melakukan Sosialisasi Penyesuaian Tarif

Bitung-Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bitung akan melakukan penyesuaian tarif air, semakin pasti.

Sosialisasi yang dilakukan PDAM kepada masyarakat di Kecamatan Aertembaga tentang penyesuaian tarif, Senin (12/2/18) di Kantor Kecamatan Aertembaga, merupakan sosialisasi yang kelima atau merupakan sosialisasi terakhir yang dilakukan di sejumlah wilayah di Kota Bitung.

Penyesuaian tarif air yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2018 ini, manakala pihak PDAM menganggap sudah perlu dan harus dilakukan karena penyesuaian tarif yang terakhir dilakukan pada hampir 5 tahun lalu yakni tahun 2013.

Direktur PDAM Kota Bitung, Raymond Luntungan menjelaskan, sosialisasi penyesuaian tarif dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kepada para pelanggan. Sebab dengan dinaikannya tarif air, maka akan sangat mempengaruhi pada peningkatan pelayanan dari PDAM.

“Ini memang penting dan harus dilakukan untuk peningkatan pelayanan,” ujar Luntungan.

Tidak itu saja, dengan dianikannya tarif air, diharapkan  akan membantu untuk perbaikan jaringan pipa yang sudah berusia puluhan tahun. Secara tehknis sudah tidak layak lagi di gunakan, dan perlu adanya perbaikan jaringan.

“Pipa jaringan  kita  sudah dari tahun 70an, dan secara teknis tidak layak lagi untuk digunakan,” ungkap Luntungan.

PDAM telah merencanakan, penyesuaian tarif akan berkisar 12% sampai 18%, dan penyesuaian tarif akan dilakukan secara beragam atau ada kelas-kelasnya yang akan disesuaikan dengan penghasilan keluarga.

Terkait program hibah air minum dari Pemerintah Pusat, Luntungan menjelaskan,  hibah tersebut merupakan bantuan untuk Kota Bitung yang diperuntukan pengembangan jaringan pipa air ke rumah penduduk.

“Untuk tahun depan PDAM akan menambah sekitar 3000 instalasi jaringan ke rumah penduduk”, terang Luntungan.

Terkait kemudahan atau akses untuk pembayaran rekening air, PDAM akan bekerjasama dengan pihak Alfamart  dan Indomaret. Pelanggan tidak perlu lagi datang ke Kantor PDAM tapi bisa membayarnya melalui kedua swalayan tersebut.

Sosialisasi penyesuaian tarif air oleh PDAM, Direktur Raymond Luntungan didampingi oleh Manajer Teknik, Yanes Turang, Manajer Umum, Joubert Kusoy, dan Oudy Lumingkewas selaku  Asisten Manjaer Bagian Umum. (estefanus)

 

Tags:
author

Author: