Pesta Adat Tulude,Pagelaran Seni Budaya Semalam Suntuk

Pesta adat Tulude yang rutin dilaksanakan setiap tahun di kabupaten Kepulauan Sangihe

Pesta adat Tulude yang rutin dilaksanakan setiap tahun di kabupaten Kepulauan Sangihe

Tahuna-Selain melaksanakan peringatan HUT Daerah Kepulauan Sangihe ke 593,Rabu (31/01) lalu, agenda lainnya yang turut terangkaikan, yakni gelar pesta adat Tulude yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dan yang menarik, dalam pagelaran kesenian daerah yang terkemas pada agenda Tulude kali ini, digelar semalam suntuk sejak pukul 22.00 wita sampai dengan Kamis dinihari (01/02) kemarin.

Pada malam Tulude yang berlangsung di lapangan Gelora Santiago Tahuna, panitia membagi dua sesi, yaitu untuk lokasi panggung utama dilaksanakan tairan empat wayer secara masal serta dilokasi Pendopo Rumah Jabatan Bupati digelar lomba masamper sabuah yang menampilkan para juara, masing-masing grup masamper kampung Karatung I Kecamatan Manganitu keluar sebagai juara pertama disusul kampung Bowongkali Kecamatan Tabukan Selatan serta kampung Lebo Manganitu meraih juara kedua dan ketiga.

Suasana malam Tulude juga semakin meriah setelah seluruh hadirin, baik tamu maupun undangan maupun masyarakat turut membaru dalam formasi tarian empat wayer, termasuk Bupati Jabes Gaghana SE,ME dan Wabub Helmud Hontong SE juga turut membaur bersama para peserta lomba masamper.

Sementara meski cuaca diterpa hujan yang cukup deras, tak mengendur semangat serta animo masyarakat kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipin itu datang merayakan HUT daerah sekaligus menyaksikan pesta adat Tulude beserta kesenian daerah yang ditampilkan.

Warga tak hanya datang dari wilayah Tahuna dan sekitarnya, tapi turut membaru masyarakat dari kecamatan lainnya, termasuk dari warga pulau.”Acara Tulude kali ini sangat meriah dan bermasyarakat, sehingga tak sia-sia kami dari wilayah Kecamatan Manganitu turun membuaru merayakan bersama-sama,”ungkap warga Mangaitu, Chres Pagora dan warg Lapango, Igor Musa.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.