Supit: Enam Ranperda Harus Selesai Akhir Februari

Ketua DPRD Kota Bitung, Laurensius Supit

Ketua DPRD Kota Bitung, Laurensius Supit

Bitung-Pembahasan enam rancangan peraturan daerah (Ranperda) oleh tiga pansus di DPRD diharapkan  berlangsung lancar dapat selesai pada akhir Februari 2018.

Ketua DPRD Kota Bitung, Laurensius menegaskan, enam Ranperda yang saat ini masih dibahas oleh tiga Pansus, tidak bisa melewati bulan Februari.

“Enam ranperda yang sedang dibahas itu, diusahakan harus selesai pada akhir bulan Februari,” tandas Supit, Senin (12/2/18)

Pernyataan ini disampaikan Supit dengan pertimbangan ketiga Pansus sudah membahas sebagian besar ranperda yang  menjadi tanggungajwab mereka, sepeti  Ranperda Perlindungan Tenaga Kerja Lokal sudah melewati tahap public hearing, dan ranperda lainnya yang rata-rata sudah sekitar 70-80 persen dibahas.

Ketua Pansus III Keegan Kojoh menhyatakan rasa optimis dapat menuntaskan pembahasan dua Ranperda  sampai akhir Februari.

“Sebab untuk Ranperda perlindungan tenaga kerja lokal sudah public hearing sedangkan  Ranperda retirbusi perijinan tertentu dua pekan  depan dipastikan tuntas, kecuali Ranperda tentang PDAM yang masih harus menunggu peraturan pemerintah(PP) yang baru yang akan segera turun,” jelas Kojoh.

Ketua Pansus I, Habriyanto Akhmad  juga menyatakan kesanggupannya akan bisa selesai pada akhir Februari.  “Pansus I ada dua Ranperda yakni tentang penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan ranperda lembaga penyiara publik lokal. Besok (hari ini, red) kami akan turun ke lokasi untuk melihat langsung peralatan untuk lembaga penyiaran yang menurut Dinas Kominfosudah ada sejak tahun 2012. Saya bisa akhir Februari,”  jelas Habriyanto.

Anggota Pansus II, Syam Panai juga menyatakan optimis dan kesanggupan mereka untuk menuntas pembahasan ranperda pada akhir Februari.

“Dua ranperda yang dibahas oleh pansus II sudah hampir rampung,sudah sekitar 80 smapai 90 persen, jadi akhir Februari pasti bisa tuntas,” jelas Panai sembari menyebutkan Pansus II membahas Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) yang belum sudah diparipurnkan serta Ranperda penyelenggaran pendidikan yang pada pekan ini akan segera dilakukan public hearing. (estefanus)

Tags:
author

Author: