Tahun Ini PDAM Sangihe Bangun 2 Unit IPA

Pjs.Direktur PDAM Sangihe, Novilius Tampi

Direktur Perusahan Daerah Air Minum(PDAM) Kabupaten Sangihe, Novilius Tampi

Tahuna-Tahun 2018 ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kembali akan membangun 2 unit Instalasi Pengelolaan Air (IPA). Kedua IPA tersebut direncanakan berlokasi di Kecamatan Tahuna Timur yang selama ini masih mengalami gangguan distribusi air bersih. Pejabat Direktur PDAM Sangihe, Novilius Tampi dikonfirmasi wartawan mengatakan, pembangunan IPA yang tak lama lagi akan dibangun tersebut juga merupakan kerjasama PDAM dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara.

Penganggarannya selain bersumber dari APBD melalui Dinas Pekerjaan Umum Povinsi Sulawesi Utara sebesar Rp  1,8 miliyar, PDAM kata Tampi juga memanfaakan dana pinjaman demi maksimalnya kegiatan serta pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Disentil soal IPA menurut pria yang juga menjabat Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sangihe itu, sudah tepat untuk dibangun di area sumber air Eneratu Kelurahan Tona, sebab selain potensi airnya sangat memadai, lokasi IPA Eneratu sangat strategis dalam memenuhi kebutuhan air di kawasan perkotaan Ibukota Kabupaten Kepualaun Sangihe, Tahuna.

Untuk lebih memaksimalkan distribusi air bersih keseluruh wilayah Tahuna, Tampi juga berencana akan menurunkan air dari IPA Hiung Manganitu, tertutama untuk mengantisipasi kebutuhan air dibeberapa kelurahan di Tahuna Barat yang berdataran tinggi.

”Jadi untuk pembangunan IPA di wilayah Tahuna Barat untuk menjawab permasalahan kebutuhan air bersih yang selama ini masih terjadi di wilayah kota Tahuna, tertutama untuk mengantisipasi gangguan distribusi ketika terjadi hujan deras,”ujar Tampi seraya menambahkan, secara berkesinambungan PDAM tetap berkomitmen meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply