Verifikasi KPU, 13 Parpol Lolos Pemilu 2019

ketua KPUD Sangihe, Elsye Sinadia

ketua KPUD Sangihe, Elsye Sinadia

Tahuna-Sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat dan harus melengkapi kembali persyaratannya, 4 Partai Politik (Parpol), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Keadilan Sejahera (PKS) akhirnya lolos ikut pemilu. Ke 4 parpol tersebut lolos bersama 9 parpol lainnya yang terlebih dahulu telah dinyatakan lolos oleh pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sangihe melalui rapat pleno terakhir pada, Selasa (06/02) hingga batas waktu pukul 24.00 Wita.

Hal ini dibenarkan Ketua KPUD Sangihe, Elsye Sinadia ketika dikonfirmasi harian ini, Rabu (07/02) kemarin. Dijelaskannya, sebanyak 13 Parpol yang terdaftar di Sangihe semuanya dipastikan akan ikut meramaikan hajatan akbar pesta demokrasi lima tahunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

“Jadi setelah pleno yang dilaksanakan kemarin malam (Selasa), empat Parpol yang sebelumnya belum memenuhi syarat, kini sudah memenuhi syarat dan bisa ikut Pemilu 2019 mendatang bersama 9 Parpol yang sudah dinyatakan memenuhi syarat sebelumnya, sehingga keseluruhan Parpol yang akan ikut Pemilu 2019 di Sangihe sebanyak 13 Parpol,” ungkap Sinadia.

Lanjut dikatakannya, setelah tahapan verifikasi tersebut,tahapan selanjutnya akan dilaksanakan kembali pleno rekapitulasi hasil verifikasi untuk semua Parpol.

“Setelah tahapan verifikasi ini, selanjutnya esok (Hari ini) akan dilaksanakan pleno rekapitulasi dari hasil verifikasi itu untuk 13 Parpol yang terdaftar,” jelasnya sembari menambahkan usai pleno dikakukan, selanjutnya akan dilakukan pleno penghitungan kembali hasil verifikasi tersebut di KPU Propinsi Sulawesi Utara. (eleh)

Tags:
author

Author: