Gaghana Minta OPD Terbuka Informasi dan Pembiayaan Publik

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE,ME Kunjungi Puncak Panenteng

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE,ME Kunjungi Puncak Panenteng

Tahuna-Transparansi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkupPemkab Sangihe harus dikedepankan, baik dari sisi informasi programmaupun pembiayaan yang timbul terkait dengan pelayanan publik.

Hal iniditegaskan Bupati Jabes Gaghana SE,ME saat memimpin rapat evaluasi kinerja OPD belum lama ini. Menurut Bupati, keterbukaan informasi dan pembiayaan atau tarip yang dibebankan kemasyarakat  menjadi sangat penting untuk diketahui, seperti pemberlakuan tarif biaya di instansi teknis, diantaranya Perijinan, Dinas Kesehatan dimasing-masing Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah serta Kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan.

”Hal ini perlu dilakukan sesuai standar pelayanan dan terkesan tidak membebanan masyarakat. Untuk tarif yang ditetapkan juga harus transparan, kalau bayar silahkan bayar dan kalau gratis juga tak mengapa gratis,”ungkap Bupati.

Terkait instansi teknis yang memberlakukan tarif pelayanan maupun pembiayaan lainnya, orang nomor satu di Sangihe itu juga meminta OPD persangkutan harus memasang papan pengumuman untuk memberikan dampak transparansi pelayanan bagi masyarakat umum.

Bupati juga mengakui sejauh ini Pemkab Sangihe sudah cukup tranparans terhadap masyarakat, apalagi dengan adanya kegiatan Me’Daseng atau agenda kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati bersama OPD ke wilayah kecamatan dan kampung selama dua hari sambil tidur di rumah warga setempat, banyak informasi maupun program pemerintah langsung tersampaikan, baik dari pimpinan daerh maupun dari instansi teknis dan BUMD serta BUMN dan lembaga bertikal.

”Kami bersukur dengan adanya program Me’Daseng, keluhan-keluhan pelayanan agak berkurang,apalagi disaat Me’Daseng masyarakat dapat langsung berdialog dengan pimpinan daerah, OPD maupun instansi vertikal dan BUMD serta BUMN,”ujar Bupati yang baru-baru ini juga telah menuntaskan agenda Me’Daseng putaran pertama dan akan disusul dengan Me’Daeng putaran ke II.(elleh)

author

Author: