Peringati HUT Proklamasi Percasi Sangihe Gelar Open Turnamen Catur

Tahuna-Memperingati HUT Proklamasi RI Tahun 2018, Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonsia (Percasi) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar open turnamen catur. Lomba yang digelar di Aula Sekretariat KONI Sangihe, Selasa (07/08) kemarin, dibuka ketua KONI Sangihe, Novilus Tampi.

Dalam sambutannya, Tampi memberikan aprsiasi kepada Percasi Sangihe yang baru beberapa bulan lalu melakukan konsolidasi kepengurusan, namun telah mampu menggelar turnamen yang sekaligus menjadi agenda tahunan.

Dikesempatan itu pria yang juga Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sangihe, berjanji akan terus memotivasi dan memfasilitasi kebutuhan Percasi kedepan, baik lewat bantuan 10 papan catur berstandar nasional beserta jam catur yang telah dipinjam pakaikan saat lomba berlangsung maupun tambahan bantuan fasilitas yang akan diberikan menyusul.

”Melihat antusias dan semangat atlit catur kali ini kami dari KONI sangat mengapresiasi, sehingga selain bantuan papan dan jam catur yang telah KONI adakan, kedepan kami juga akan menambah lagi fasilitas yang ada,”ungkap Tampi yang juga menitipkan pekerjaan rumah bagi pengurus Percasi Sangihe untuk lebih memasyarakatkan olahraga catur dengan melakukan pembinaan serta menggelar lomba di wilayah-wilayah kecamatan.

Disisi lain Ketua Percasi Sangihe, Dekcy Kawuka saat menyampaikan sambutan, mengakui open turnamen catur dalam rangka HUT Proklmasi RI akan dijadikan agenda tetap Percasi, sekaligus sebagai ajang unjuk prestasi bagi atlit senior dan wadah pembinaan serta pengembangan bakat bagit atlit catur junior.

”Ternyata sangat banyak atlit catur di Sangihe, baik senior maupun junior, dan ajang ini akan menjadi agenda tetap Percasi dalam meningkatkan prestasi maupun pembinaan,”kata Kawuka.

Sementara dari laporan ketua panitia Adrianto Sangala, open turnamen catur 2018 diikuti 50 atlit senior ditambah kategori veteran dan kategori junior yang terbagi dalam junior klasifikasi A usia 16 – 18 tahun, junior B usia 13 – 15 tahun serta junior klasifikasi C 10 – 12 tahun.(elleh)

author

Author: