Program Me’Daseng Akan Ditawarkan ke Pusat

Bupati Jabes Gaghana SE,ME

Bupati Jabes Gaghana SE,ME

Sangihe-Pemkab Sangihe tergolong sukses melaksanakan program Me’Daseng, atau agenda kunjungan kerja pimpinan daerah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke wilayah kecamatan dan kampung selama dua hari sambil tidur di rumah warga.

Karena sukses serta telah merasakan manfaat dari Me’Daseng, yang didalamnya turut menggelar dialog masyarakat dengan Bupati dan Wabub serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pimpinan OPD, Pemkab Sangihe dibawah koordinasi Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) sementara memperjuangkan me’Daseng sebagai inovasi pelayanan publik ke Pemerintah Pusat.

Hal ini dikatakan Bupati Jabes Gaghana SE,ME ketika membawakan sambutan pada Me’Daseng di Kecamatan Tabukan Utara belum lama ini.

“Di bawah koordinasi Bapelitbang kita sementara memperjuangkan Me’Daseng sebagai sebuah produk inovasi Pemkab Sangihe yang akan kita tawarkan ke pemerintah pusat,” kata Gaghana.

Alasan Program Me’daseng di jadikan sebuah inovasi menurut orang nomor satu di Sangihe ini, dikarenakan Me’Daseng belum dilakukan daerah lainnya selain  hanya di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Karena setelah kita membuka database pemerintah daerah se Indonesia, hanya Sangihe yang menggunakan pola Me’Daseng, dalam konteks untuk pelayanan masyarakat,”ujarnya.

Dijelaskan, menjadikan Me’Daseng sebagai inovasi juga tak lepas dari konteks untuk merebut apa yang menjadi dukungan pemerintah pusat terhadap dana hasil pembagian di daerah bagi daerah-daerah yang meiliki inovasi pelayanan publik.

“Karena saat ini pemerintah pusat dalam pembagian dana bagi hasil daerah berorientasi pada kinerja pemerintah daerah dan inovasi daerah, sehingga mengetengahkan Me’Daseng ini ke pusat sangat berkontribusi bagi kita di Sangihe,”ujar Bupati.(elleh)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.