LIPI : Medaseng Perlu Diangkat Ketingkat Nasional

 

Sangihe-Program Me’Daseng turut mendapat perhatian khusus dari Tim Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Indonesia (LIPI) saat berkunjung  ke Kabuaten Kepulauan Sangihe sekaligus menghadiri Me’Daseng di Kelurahan Mahena Jumat pekan lalu.

Bahkan saat diberi kesempatan membawakan sambutan, Wakil Ketua LIPI Prof. DR. Bambang Subianto selain memberikan apresiasi kepada Pemkab Sangihe, juga mengatakan Me’Daseng atau proram kunjungan kerja Bupati, Wabub, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke wilayah kecamatan dan kampung selama dua hari sambil tidur di rumah warga, perlu diangkat ketingkat nasional.

“Kami sudah keliling Indonesia tapi belum pernah melihat ada acara seperti ini, dimana Bupati bersama Wakil Bupati bisa bertatap muka dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, sehingga kegiatan Me’Daseng ini perlu diangkat ketingkat nasional,”ungkap Subianto.

Sementara itu maksud kedatangan tim LIPI ke Sangihe untuk memperkenalkan program penelitian, sekaligus membuka open house diatas kapal riset KM Baruna Jaya kepada masyarakat dan kalangan pelajar untuk langsung melihat apa-apa saja yang menjadi kegiatan LIPI.

”Silahkan saja bagi warga terutama anak sekolah datang ke kapal riset LIPI untuk melihat apa saja informasi maupun kegiatan LIPI. Kami juga berharap anak-anak dari Sangihe tertarik menjadi peneliti meningat Indonesia negara besar tapi peneliti masih sedikit,”tukasnya.

Diksempatan itu Subianto juga mensosialisasikan program LIPI untuk kalangan pelajar, yakni perkemahan remaja ilimiah nasional yang rutin digelar setiap tahun, dan untuk tahun 2018 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Subianto juga menjamin pelajar dari Sangihe ikut serta pada perkemahan ilmiah tersebut.

”Ini bukan nepotisme, tapi akan kami istimewakan pelajar dari Sangihe agar dapat ikut perkemahan remaja ilmiah, apalagi untuk pesertannya berjumlah 3000 orang sehingga kesempatan terbuka bagi anak-anak dari Sangihe untuk dapat ikut,”ujar Subianto yang juga menambahkan, sejak tahun lalu LIPI telah meluncurkan program peneliti masuk desa, dengan tujuan teknologi yang akan dikembangkan dapat masuk ke daerah-daerah hingga ke pedesaan.(eleh)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.