Erwin:Gunakan 3M dan Jagah Kebersihan Agar Terhindar dari DBD

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr.Erwin Scouten

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr.Erwin Scouten

Amurang-Adanya Demam Berdarah Dengue(DBD) yang melanda di Propinsi Sulut,maka pemerintah Kabupaten Minahasa Sekatan,melalui Dinas kesehatan yang dipimpin oleh dr.Erwin Scouten,menghimbau kepada warga Minsel agar melakukan pencegahan terhadap penyakit DBD tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Minsel dr.Erwin Scouten kepada sejumlah media diruang kerjanya.

“Kita harus tetap menjaga kebersihan disekitar rumah kita dan kita juga harus melakukan 3M yakni Menguras,Menutup serta memanfaatkan kebersihan .Ingat kebersihan itu sangat penting dilingkungan kita,”ujar Scouten.

Diharapkannya kepada warga Minsel harus menjaga kebersihan dan menghilangkan dan memberantas jentik nyamuk,karena itu sangatlah penting bagi kesehatan warga itu sendiri.

“Dan hal itu memang sangat tepat, karena fogging juga tidak bisa dilakukan secara rutin. Akan tetapi, hanya bisa dilakukan saat terjadi kasus di suatu tempat atau wilayah tertentu untuk memberantas nyamuk sebagai vektor atau pembawa Penyakit DBD,”ungkap Scouten

Seperti diketahui metode efektif dalam memberantas perkembangbiakan jentik nyamuk yakni 3 M dengan melakukan, Pertama ; Menguras /Membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember penampungan air, penampung air lemari es, dan lain-lain.Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, tong air, dan lain-lain. Memanfaakan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD serta ditambah dengan plus yakni menaburkan bubuk Larvasida (Abate), menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa Jentik Nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya ventilasi rumah dan menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

“Ya,kita harus lakukan kebersihan serta perhatikan semua yang ada di lingkungan rumah kita,agar terhindar dari gigitan nyamuk Demam berdarah Dengue,”ujar Scouten.(arum)

 

 

author

Author: