Imigrasi Tahuna Siap Efektifkan Fungsi Timpora

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna, James Sembel

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna James Sembel

Sangihe-Pasca pembentukkan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat kecamatan pertengahan tahun 2018, pihak Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna langung action dan siap mengefektifkannya pada tahun 2019 ini. Hal ini ditegakan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna, James Sembel pada kegiatan pers realise capaian kinerja tahun 2018, Kamis (10/01) kemarin.

Diakuinya, pengawasan terhadap kehadiran orang asing, lebih khusus warga asing yan sering memanfaatkan lintas batas pulau terluar Marore akan lebih terkontrol dan teroganisir menyusul adanya pihak kecamatan maupun kelurahan dan kampung yang terlibat dalam Timpora yang efektif bekerja sampai ke wilayah pulau.

”Dengan adanya Timpora di wilayah kecamatan, akan lebih memperluas tingkat pengawasan terhadap kehadiran orang asing yang masuk lewat perbatasan, apalagi lurah, kepala kampung dan camat yang notabene pihak yang paling tahu kondisi lapangan langsung dilibatkan dalam tim,”kata Sembel.

Sementara dalam mengefktifkan pengawasan orang asing, Sembel juga mengakui terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait, TNI/POLRI serta pemkab setempat, termasuk melakukan kegiatan intelejen secara rutin, hanya saja kendala tetap saja ditemui dilapangan, seperti adanya kehadiran warga Sangihe asal Philipina yang tidak memiliki kewarganegaraan.

”Kalau menyangkut kehadiran orang asing, khususnya yang dari Philipina sudah ditangani secara teknis dan telah beberapa kali dideportasikan, namun kalau soal warga yang masuk tanpa ada identitas resmi atau tidak memiliki kewarganegaraan sudah diluar domain pihak Imigrasi,”ujar Sembel yang juga menambahkan, dalam meningkatkan kualitas pelayanan, saat ini Kantor Imigrasi Tahuna disetiap hari Sabtu juga telah membuka pelayanan pengurusan paspor simpatik.(Verry)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.