KAT Sangihe Tersebar di Kecamatan Nustab dan Mangsel

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sangihe, Tajudin Sainkadir

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sangihe, Tajudin Sainkadir

Sangihe-Tahun 2019 ini Kabupaten Kepulauan Sangihe kembali kecipratan Program Komunitas Adat Tertinggal (KAT)) yang tersebar di Kecamatan NusaTabukan (Nustab) dan Kecamatan Manganitu Selatan (Mangsel).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sangihe, Tajudin Sainkadir kepada sejumlah wartawan mengatakan, program KAT berupa bantuan perumahan dengan nilai

anggaran Rp 15 juta per masing-masing sasaran penerima bantuan, masing-masing 56 keluarga sasaran di kampung Bukide Timur Kecamatan Nusa Tabukan, kampung Bantunderang 43 KK dan kampung Bebalang 15 kepala keluarga.

“Jadi untuk tahun 2019 ini baru ada dua kecamatan di Sangihe yang mendapat program KAT,”ungkap Sainkadir.

Disentil baru kecamatan yang mendapat bantuan KAT, menurut mantan Kepala Inspketorat Kabupaten Kepulauan Sangihe, prosesnya sangat ketat untuk wilayah-wilayah yang akan diusul KAT, sebab ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum wilayah bersangkutan ditetapkan sebagai penerima bantuan, termasuk harus melalui survey langsung dari pemerintah pusat yang melibatkan perguruan tinggi.

”Kecamatan mana yang akan mendapatkan KAT harus melalui studi kelayakkan oleh tim pusat yang melibatkan perguruan tinggi,”ujarnya.

Sementara untuk proses pembangunan bantuan rumah telah dipercayakan kepada pihak ketiga melalui proses tender yang telah digelar di pusat.

”Masing-masing kepala keluarga nantinya akan menerima kunci rumah setelah pihak ketiga selesai membangun,”pungkas Sainkadir.(Verry)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.